Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Asam Urat dan Pengobatannya


Gambar Asam Urat dan Pengobatannya
Asam urat adalah zat hasil metabolisme purin dalam tubuh dengan rumus kimia rumus kimia C5H4N4O3 dan rasio plasma antara 3,6 mg/dL (~214µmol/L) dan 8,3 mg/dL. Zat ini biasanya akan dikeluarkan oleh ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Namun pada kondisi tertentu, fungsi ginjal tidak mampu maksimal mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga terjadi penumpukan di dalam darah. Kelebihan zat asam urat di dalam darah ini ini akhirnya menumpuk dan tertimbun pada persendian dan tempat lain termasuk di dalam ginjal itu sendiri dalam bentuk kristal-kristal.

Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian menyebabkan rasa nyeri, bengkak dan meradang. Sedangkan penumpukan kristal-kristal asam urat didalam ginjal akan menyebabkan terjadinya batu ginjal. Untuk itu bagi pasien penyakit asam urat harus melakukan perawatan intensif terhadap ginjal. Usaha Anda untuk mengurangi kadar asam urat akan menjadi sia-sia apabila ginjal Anda masih dalam kondisi bermasalah. Bahkan penyakit asam urat juga akan berkembang menjadi penyakit ginjal dan gagal ginjal. 

Gejala Asam Urat

Gejala Asam Urat memang mirip dengan Gejala Rematik, namun penyebab dari kedua penyakit ini berbeda dan harus ditangani dengan cara yang berbeda juga. Namun banyak penderita Gejala Asam Urat yang menganggap penyakit yang dideritanya hanya penyakit rematik. Mereka baru sadar setelah penyakit asam urat bertambah parah, bahkan menyebabkan penyakit ginjal dan gagal ginjal. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya penumpukan kristal-kristal asam urat yang terlalu banyak di dalam ginjal. Adapun Gejala penyakit asam urat dibagi menjadi tiga tahapan, yang diantaranya adalah:
  • Tahap Pertama Gejala Asam Urat
Gejala awal Asam Urat adalah munculnya serangan artritis yang khas dan akan menghilang tanpa pengobatan dalam waktu 5 – 7 hari.
  • Tahap Kedua Gejala Asam Urat
Setelah serangan pertama, penderita akan mengalami serangan lanjutan dalam jangka waktu 1-2 Tahun, bahkan beberapa kasus serangan terjadi setelah 10 tahun. Selanjutnya artritis yang dirasakan akan sering kambuh. Dan menyebar ke lebih banyak persendian. Pengobatan pada tahap ini tentu akan lebih sulit apabila dibandingkan dengan tahap pertama.
  • Tanda Asam Urat Tahap Ketiga
Pada tahap ketiga ini penderita akan mengalami beberapa benjolan di sekitar sendi yang sering meradang yang disebut sebagai tofus, yang berisi serbuk seperti kapur. Tofus akan mengakibatkan kerusakan pada sendi dan tulang di sekitarnya.
Pengobatan Asam Urat
Penyakit asam urat disebabkan karena konsumsi zat purin yang berlebihan. Sehingga metode Pengobatan Asam Urat secara alami yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Hindari konsumsi makanan yang meningkatkan zat asam urat dalam tubuh, seperti: jeroan (babat, limpa, usus, paru, ginjal, hati termasuk otak), hindari makanan laut (cumi, kerang, udang dan jenis kepiting), makanan kaleng (kornet, ekstrak daging dan sarden), telur, kuah daging yang kental atau kaldu.
  • Hindari konsumsi produk dari pohon melinjo, melinjo, kangkung dan bayam, daun singkong, asparagus, kembang kol dan buncis.
  • Hindari konsumsi produk makanan dan jenis kacang-kacangan (kacang hijau, kacang tanah, kedelai) dan susu kedelai.
  • Hindari makan buah durian, nanas, alpukat dan air kelapa.
  • Jangan mengkonsumsi alkohol.
  • Resiko Penyakit Asam Urat akan meningkat pada orang Gemuk, sehingga apabila saat ini anda gemuk dan mempunyai resiko tersebut, sebaiknya mulailah untuk menurunkan berat badan.
  • Perbanyak minum air putih, agar dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh lebih banyak.
Pengobatan Asam Urat tersebut diatas juga bisa digunakan bagi anda yang ingin mencegah penyakit Asam Urat terjadi pada anda. Beberapa makanan yang disebutkan diatas juga bisa digunakan sebagai makanan pantangan bagi Penderita Asam Urat, agar rasa sakit yang dirasakan tidak semakin parah. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan dari Payakit Asam Urat yang tentu menyakitkan tersebut.

Ringkasan:
  • Asam urat adalah zat yang dihasilkan dari proses metabolisme purin dalam tubuh,
  • Gejala Asam Urat dibagi menjadi tiga gejala dengan jenjang waktu tahunan,
  • Menghindari beberapa Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat juga bisa digunakan sebagai pencegahan sekaligus pencegahan Penyakit Asam Urat.

Post a Comment for "Gejala Asam Urat dan Pengobatannya"