Home » , , , » Rumus Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL)

Rumus Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL)


Gambar Hari Perkiraan Lahir
Hari Perkiraan Lahir (HPL) memang bersifat perkiraan ilmiah dan tidak selalu tepat untuk wanita. Dari perhitungan dokter atau dengan menggunakan rumus ini, hanya 4 dari 100 ibu hamil yang melahirkan sesuai dengan perhitungan tersebut. Hal ini dikarenakan, masa kehamilan normal penuh dapat terjadi antara 38 – 42 minggu. Atau biasanya persalinan dapat terjadi dua minggu sebelum dan sesudah Hari Perkiraan Kelahiran yang telah diperhitungkan.

Perhitungan HPL dengan Haid Teratur

Untuk menghitung Hari Perkiraan Lahir, catat hari pertama haid terakhir, lalu tambahkan 7 kemudian hitung mundur tiba bulan dan anda akan mendapatkan kapan perkiraan persalinan.

Sebagai contoh, apabila bulan september anda tidak haid lagi karena hamil, dan haid terakhir dimulai tanggal 24 dan berakhir tanggal 28 Agustus 2012. Maka 24 + 7= 31, kemudian hitung mundur tiga bulan, sehingga didapatkan Hari Perkiraan Lahir adalah tanggal 31 Mei 2013.

Apabila siklus menstruasi anda teratur setiap 28 hari, maka kemungkinan akan melahirkan dekat dengan tanggal hasil perhitungan. Namun apabila lebih panjang dari 28 hari, makan kemungkinan persalinan akan lebih lama dari perkiraan, begitu juga sebaliknya.

Perhitungan HPL dengan Haid Teratur

Bagi anda wanita yang mempunyai siklus menstruasi tidak teratur, maka rumus HPL tersebut diatas tidak berlaku lagi. Sebagai contoh anda tidak haid selama tiga bulan, dan tiba-tiba setelah di periksa anda hamil.

Pemeriksaan HPL bagi wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur bisa dilakukan dengan penggunaan USG. Berdasarkan hasil pemeriksaan ukuran rahim (tinggi fundus), mulai terdengarnya detak jantung janin serta mulai terasa adanya gerakan  janin anda, maka dokter akan memperkirakan usia kehamilan (apabila fundus sejajar pusar, maka diperkirakan janin berusia 20 minggu).

Apabila tidak sesuai maka dokter akan melakukan pemeriksaan sonogram pada saat umut kehamilan antara ke-12 dan 20 yang dapat lebih tepat menentukan usia kandungan janin anda. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan ini secara rutin,. Hingga didapatkan Hari Perkiraan Lahir seakurat mungkin.

Ringkasan:
  • Hari Perkiraan Lahir dari dokter hanya mempunyai tingkat keakuratan 4-5%,
  • HPL biasanya akan maju atau mundur sampai 2 minggu dari perhitungan tanggal yang telah didapatkan.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger