Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Penyebab Wanita Sulit Hamil akibat Masalah Ovulasi

Gambar Penyebab Wanita Sulit Hamil
Penyebab Wanita Sulit Hamil memang beragam, dan hal ini sering menghalangi keinginan besar, untuk mempunyai anak bagi suatu pasangan. Bahkan karena kemandulan permanen, misi untuk hamil dengan program kehamilan merupakan hal yang mustahil. Di negara maju seperti Amerika Serikat pun, 10-15 persen pasangan merupakan pasangan tidak subur, baik ketidaksuburan terjadi pada wanita ataupun pria.

Penyebab umum dari Wanita Sulit Hamil adalah adanya masalah dengan ovulasi. Ovulasi adalah proses pelepasan sel telur yang telah matang dari dalam rahim untuk kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi oleh sperma. Tanda Wanita Sulit Hamil akibat masalah ovulasi adalah periode menstruasi abnormal, kurang lengkapnya periode menstruasi, atau bahkan wanita tidak mengalami siklus menstruasi sama sekali.

Adapun beberapa penyebab umum yang mengganggu kesuburan wanita yang berhubungan dangan masalah ovulasi, adalah:

1. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS adalah kondisi yang menyebabkan seorang wanita kelebihan produksi hormon androgen, yang menyebabkan wanita sulit hamil, dengan tanda terganggunya siklus menstruasi. PCOS juga sering dihubungkan dengan obesitas dan resistensi insulin pada wanita.

2. Menopause Dini

Menopause dini didefinisikan sebagai berkurangnya atau bahkan hilangannya menstruasi wanita sebelum berusia 40 tahun. Hal ini disebabakan karena Penyakit kekebalan tertentu atau terapi radiasi.

3. Terjadi Kerusakan Pada Saluran Tuba

Kerusakan saluran tuba bisa disebabkan karena infeksi penyakit menular seksual, terutama klamidia. Gangguan ini menyebabkan penyumbatan pada saluran tuba termasuk penyakit radang panggul, dan mengganggu kesuburan wanita.

4. Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi jaringan rahim yang tumbuh di luar rahim, yang akan mempengaruhi indung telur, telur, saluran telur, rahim bahkan fungsi sperma. Kasus indometriosis ringan, munkin tidak akan menyebabkan infertilitas. Dan perlu dilakukan laparoskopi yang digunakan untuk menghilangkan jaringan parut untuk membantu pembuahan.

5. Ovarium Jaringan Parut

Faktor lain Penyebab Wanita Sulit Hamil adalah kerusakan fisik pada ovarium, yang disebabkan karena pembedahan akibat kista ovarium.

6. Adhesi Pelvis

Adhesi Pelvis adalah kondisi jaringan parut yang terbentuk setelah operasi panggul, usus. Adhesi pelvis dapat mengubah struktur saluran tuba, sehingga menyebabkan sel telur wanita sulit mencapai rahim.

7. Masalah Tiroid

Masalah Tiroid terbagi menjadi dua, yaitu Hipertiroidisme (kondisi kelenjar tiroid terlalu aktif) tiroid hipotiroidisme (kondisi yang disebabkan oleh tiroid kurang aktif). Kedua masalah teroid tersebut dapat menjadi penyebab wanita susah hamil.

8. Radioterapi

Pengobatan kanker dengan menggunakan metode Radioterapi diketahui dapat mengganggu kesuburan pria atau wanita. Namun memang hal tersebut, tergantung dari bagian tubuh mana yang  mendapatkan terapi. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, mengenai efek samping pengobatan kanker tersebut.

9. Obat-obatan tertentu dan Gaya Hidup

Obat-obatan tertentu diketahui dapat mengganggu kesuburan wanita, namun setelah menghentikan konsumsi obat itu sepenuhnya, kesuburan, biasanya akan kembali seperti semula.

10. Gaya Hidup

Penggunaan obat-obatan terlarang, alkohol, merokok, pola makan tidak sehat, kelebihan berat badan / kekurangan berat badan, dan olahraga atletik yang berlebihan diketahui juga dapat menurunkan kesuburan wanita.

11. Usia

Selain sepuluh gangguan yang menurunkan kesuburan wanita tersebut diatas, faktor usia (perempuan berusia diatas 40 tahun juga diketahui mempunyai jumlah sel telur lebih rendah dan cenderung kurang sehat. Hal ini tentu akan menjadi salat satu penyebab wanita sulit hamil, dan apabila berhasil hamil, resiko keguguran juga akan meningkat.

Ringkasan:
  • Penyebab Wanita Sulit Hamil akibat masalah ovulasi paling sering adalah Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS), Menopause Dini dan gangguan pada Saluran Tuba.
  • Tanda Wanita Sulit Hamil paling sederhana adalah tidak lancarnya siklus menstruasi, atau bahkan tidak menstruasi sama sekali.

Post a Comment for "11 Penyebab Wanita Sulit Hamil akibat Masalah Ovulasi"