Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

Gambar Makanan penderita Asam Urat
Makanan penderita Asam Urat yang disarankan adalah makanan yang tidak mengandung purin. Penyakit ini adalah sejenis arthritis yang menyebabkan pembentukan kristal di engsel-engsel tubuh seperti lutut, ruas jari tangan dan kaki, pergelangan tangan dan kaki yang disebabkan oleh kadar asam urat tubuh yang tinggi dan tidak dapat terkontrol. Adapun Gejala asam urat adalah pembengkakan, ruam merah di kulit, kulit sekitar engsel tubuh menjadi sensitif, pergelangan tangan dan berjalan, sakit pada saat menggerakkan jari, terlebih pada ibu jari kaki.

Adapun beberapa jenis Makanan yang harus dibatasi menjadi pantangan untuk penderita asam urat adalah:
  • Konsumsi protein dari daging tanpa lemak, ikan, ayam, antara 115-170 gram perhari.
  • Jangan makan olahan seafood, ragi, daging babi, lentil, oatmeal, makanan manis dan gandum agar kadar asam urat tidak naik.
  • Hindari alkohol, terutama bir karena zat ini akan meningkatkan kadar asam urat dengan cepat dan menyebabkan kambuhnya kristalisasi di engsel-engsel tubuh.
  • Jangan mengkonsumsi makanan dari hati, ikan teri, ikan sardine, ikan herring, ikan makarel,  kerang, jeroan sapi (ginjal, babat, jantung), daging sapi muda, otak sapi, bacon, salmon dan ayam kalkun.
Setelah anda mampu menghindari makanan pantangan untuk penderita asam urat, anda sebaiknya memperbanyak air putih, konsumsi endah purin seperti: telu, tahu,  produk dairy yang rendah lemak. Hindari juga penggunaan minyak dalam masakan, dan lebih memilih memasak makanan dengan cara mengukukus dan merebus.

Diet sehat pasien asam urat bisa disertai dengan olah raga (olah raga statis seperti kardio dan fitness ringan, serta olahraga dinamis seperti senam, jogging atau jalan pagi) dan pengendalian berat badan. Obesitas bisa menjadi penyebab penyakit asam urat kambuh kembali, sehingga dengan Fitness ringan akan membantu menjaga berat badan tetap ideal, meningkatkan energi dan menyehatkan fungsi jantung.

Semoga tips menjaga kesehatan pasien Asam Urat ini mampu membantu, Penderita asam urat dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan. Bahkan cara-cara diatas juga mampu menjadi sarana pencegahan penyakit asam urat baTips cara mereka yang masih sehat.

Ringkasan:
  • Pantangan Makanan Penderita Asam Urat adalah segala makanan yang mengandung purin,
  • Diet Asam Urat harus disertai olahraga agar berat badan tetap ideal,

Post a Comment for "Pantangan Makanan Penderita Asam Urat"