Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tiga Tips Proses Persalinan Normal agar Lebih Lancar

Tips Proses Persalinan Normal
Proses Persalinan Normal memang sering membuat calon ibu lebih tegang. Namun perlu anda ketahui sebenarnya, persalinan normal memiliki tiga faktor penting. Yang apabila mampu dikuasai oleh ibu hamil, maka mereka tidak perlu terlalu khawatir lagi mengenai persalinan yang akan dihadapi.

Ardiansjah Dara Sjahruddin sebagai Dokter spesialis kebidanan mengatakan, tiga faktor yang sangat berpengaruh terhadap proses persalinan adalah; power, passenger, dan passage. Apabila ketiga faktor tersebut dimiliki ibu hamil maka proses persalinan normal akan berjalan dengan lebih lancar.

Adapun penjelasan ketiga faktor tersebut, adalah sebagai berikut:
  1. Power, adalah kekuatan ibu saat mengejan dan berhubungan dengan kontraksi rahim. Power ibu mengejan sangat membantu keluarnya janin saat proses persalinan normal. Untuk Memicu Kontraksi rahim secara alami, bisa dilakukan dengan banyak bergerak, stimulasi puting, dan berhubungan suami istri. Namun apabila dengan cara tersebut calon ibu tetap tidak mempunyai power, maka usaha yang dilakukan oleh tenaga medis yang menolong proses persalinan adalah dengan memberikan oksitoksin yang menginduksi rahim untuk berkontraksi lebih kuat.
  2. Passenger adalah faktor ukuran bayi. Apabila ukuran bayi besar, melebihi ukuran jalan lahir yang dimiliki ibu maka proses persalinan normal akan lebih sulit dilakukan. Ukuran bayi dan keberhasilan proses persalinan normal ini juga berhubungan dengan jumlah kelahiran yang pernak dialami oleh ibu. Sebagai contoh apabila anak pertama mempunyai berat sekitar tiga kilogram dapat lahir dengan persalinan normal. Maka Anak kedua akan lebih sulit keluar dengan persalinan normal apabila diprediksi memiliki berat melebihi anak pertama.
  3. Passage adalah faktor jalan lahir, yang terdiri dari mulut rahim dan juga ukuran panggul dari calon ibu. Terbukanya mulut rahim saat proses persalinan normal ditentukan oleh kontraksi rahim. Sedangkan ukuran panggul tidak dapat diusahakan karena memang tergantung pada masing-masing individu.
Ringkasan:
  • Faktor Power, Passenger, Passage harus saling mendukung agar proses persalinan normal lebih lancar,
  • Berat badan janin yang lebih besar dibandingkan kelahiran yang sebelumnya akan lebih sulit dengan persalinan normal,
  • Cara alami memicu Kontraksi rahim, adalah dengan banyak bergerak, stimulasi puting, dan berhubungan suami istri.

Post a Comment for "Tiga Tips Proses Persalinan Normal agar Lebih Lancar"