Home » , , , » Senam Hamil Meningkatkan Durasi Tidur Ibu Hamil?

Senam Hamil Meningkatkan Durasi Tidur Ibu Hamil?

Latihan Senam Hamil
Senam Hamil adalah gerakan senam yang dikhususkan untuk menjaga kebugaran ibu hamil, termasuk mengatasi keluhan-keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Adapun keluhan yang paling sering dialami ibu hamil tersebut adalah nyeri punggung dan Gangguan tidur terutama pada usia kehamilan trimester ketiga. Hal ini mungkin dikarenakan adanya pikiran mengenai proses persalinan yang akan dilakukan.

Pada usia kehamilan ini ibu hamil akan mengalami kecemasan yang berakibat munculnya depresi dan kesulitan tidur. Adapun Kesulitan tidur pada wanita hamil bisa berupa penurunan durasi tidur. Dari kasus tersebut maka telah dilakukan penelitian bagaimana senam hamil dapat meningkatkan durasi tidur ibu hamil, dan mengetahui manfaat senam hamil dalam meningkatkan durasi tidur ibu hamil pada trimester ketiga.

Penelitian yang dilakukan menggunakan metode pre eksperiment dengan pendekatan quasi eksperiment dan desain penelitian pre and post test without control design dengan Jumlah sampel adalah terdiri dari 9 responden. Yang dilakukan di Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Surakarta selama 4 minggu.

Dari pengamatan dan pengujian diketahui bahwa Durasi tidur 5-6 jam pada ibu hamil trimester ketiga termasuk kategori kurang. Sedangkan data durasi tidur yang diukur setelah dilakukan perlakuan dengan senam hamil diperoleh nilai durasi tidur 7 jam terbesar 55,56%. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan durasi tidur dari kategori kurang menjadi cukup/sedang. Tella et al (2011) menyatakan bahwa setelah dilakukan latihan aerobic dan sleeping education pada 30 wanita hamil, setelah enam minggu perlakuan didapatkan penurunan tingkat insomnia dari 18,4 ± 7,9 menjadi 2,9 ± 0,4 dengan pengukuran Insomnia Severity index (ISI).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa senam hamil berpengaruh dalam peningkatan durasi tidur ibu hamil pada trimester ketiga, ditunjukkan dengan nilai p = 0,004 (p<0,005). Hal ini disebabkan karena senam hamil akan memberikan efek relaksasi pada ibu hamil yang bisa berpengaruh terhadap peningkatan durasi tidur bagi ibu hamil. Sehingga dapat disimpulan bahwa senam hamil bermanfaat untuk meningkatkan durasi tidur ibu hamil pada trimester ketiga.

Dari penelitian lain diketahui bahwa Ibu Hamil yang kurang tidur akan meningkatkan resiko bayi lahir meninggal saat dilahirkan. Untuk itu, sangat penting bagi anda untuk memulai melakukan latihan senam hamil, sehingga bisa mempunyai waktu tidur yang cukup dan dengan otomatis akan mengurangi resiko kematian pada bayi saat dilahirkan.

Ringkasan:
  • Kebanyakan ibu hamil dengan usia kehamilan trimester ketiga mempunyai durasi tidur yang kurang,
  • Waktu tidur yang kurang pada ibu hamil akan meningkatkan resiko kematian bayi saat dilahirkan,
  • Senam Hamil dapat Meningkatkan Durasi Tidur Ibu Hamil karena memberikan efek relaksasi pada ibu hamil.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger