Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meningkatkan Pertumbuhan Janin dengan Ikan Lele

Tips Meningkatkan Pertumbuhan Janin
Meningkatkan Pertumbuhan Janin agar maksimal tentu diinginkan oleh setiap ibu hamil. Namun tahukah anda, ada cara yang cukup mudah dan murah untuk mencapai hal tersebut, yaitu dengan mengkonsumsi ikan Lele. Ya, Ikan Lele dapat membantu pertumbuhan janin dalam kandungan dan juga sangat baik untuk kesehatan jantung karena rendah lemak.

Ikan adalah bahan makanan penting sebagai sumber zat gizi, dan ikan air tawar dan payau memiliki protein tinggi, yaitu rata-rata 20 %. Protein yang terdapat pada ikan adalah protein yang istimewa karena, tidak hanya berfungsi sebagai penambah jumlah protein yang dikonsumsi, namun juga sebagai pelengkap mutu protein dalam menu harian termasuk ibu hamil.

Protein ikan air tawar terasuk ikan lele mengandung semua asam amino esensial yang dalam jumlah yang cukup. Protein ikan ini juga mengandung lisin dan metionin yang lebih tinggi dibanding protein yang terdapat pada susu dan daging. Ikan darat pada umumnya juga mengandung protein dengan kadar metionin dan sistin yang tinggi.

Ikan lele mengandung protein dengan kadar lisin yang lebih tinggi dibanding pada daging sapi. Leusin ini sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen pada orang dewasa. Leusin juga berguna untuk pergantian dan pembentukan protein otot, membantu proses pertumbuhan janin di dalam kandungan. Sedangkan Asam amino lisin menjadi kerangka bagi niasin dan berguna untuk pengobatan penyakit herpes.

Ikan Lele banyak mengandung Fosfor


Nilai fosfor pada ikan lele lebih tinggi dibandingkan nilai fosfor pada telur dan zat ini berfungsi sebagai pemberi energi dan kekuatan untuk metabolisme lemak dan pati, untuk menunjang kesehatan gigi dan gusi, sintesis DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium.

Kebutuhan zat fosfor pada ibu hamil lebih banyak, untuk pembentukan tulang janin. Dan apabila asupan fosfor kurang, maka janin akan mengambilnya dari tulang ibu. Hal ini yang menjadi penyebab tulang keropos pada wanita lebih tinggi dibandingkan pria. Kebutuhan fosfor akan terpenuhi apabila konsumsi protein juga diperhatikan.

Omega-3 pada Ikan Lele


Meski kandungan omega-3 pada ikan lele tidak sebanyak pada ikan laut. Namun apabila dikonsumsi secara rutin tentu dapat meningkatkan pertumbuhan otak janin agar nantinya lebih cerdas. Hal ini dikarenakan Asam lemak omega-3 berperan sangat penting untuk proses tumbuh kembang sel-sel saraf termasuk sel otak pada janin di dalam kandungan.

Karbohidrat pada ikan Lele sangat sedikit, yaitu sekitar 0 hingga 1,7 persen yang terdapat dalam bentuk glikogen. Bahkan Ikan lele dari jenis genus Ictalaurus punctatus tidak mengandung karbohidrat karena kadar lemaknya yang cukup tinggi sebagai sumber energi. Hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar tetap bugar.

Ringkasan:
  • Ikan Lele banyak mengandung protein, Fosfor, Omega-3 dan kadar lemak yang tinggi,
  • Meningkatkan Pertumbuhan Janin dengan Ikan Lele menjadi solusi yang mudah dan murah,
  • Zat Fosfor pada ikan lele, dapat memaksimalkan pertumbuhan tulang pada janin.

Post a Comment for "Meningkatkan Pertumbuhan Janin dengan Ikan Lele"