Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Gatal Setelah Operasi Caesar pada Kulit Perut

Tips Mengatasi Gatal Pasca Operasi Caesar
Operasi Caesar adalah proses melahirkan janin dengan sayatan di dinding rahim dan perut, sehingga perlu perhatian khusus untuk penyembuhan setelah operasi. Beberapa cara  untuk memulihkan kondisi kebugaran. Pertama kali dilakukan setelah operasi caesar adalah menjalani perawatan dengan tujuan untuk memulihkan kebugaran setelah operasi. Adapun perawatan yang paling utama tentu adalah program rawat inap sekitar 5 hari setelah operasi.

Beberapa kasus wanita setelah operasi caesar juga mengalami penundaan makan dikarenakan usus belum berfungsi. Sedangkan keluhan lain, yang juga sering terjadi adalah rasa gatal di sekitar luka bekas operasi caesar. Rasa gatal pada sekitar bekas luka operasi caesar dikarenakan pada saat proses operasi dilakukan pemotongan saraf-saraf, dan ketika mulai terhubung kembali maka dapat menyebabkan rasa gatal.

Cara Mengatasi Gatal Setelah Operasi Caesar

Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gatal pasca operasi caesar pada kulit perut adalah sebagai berikut:
  • Meski rasa gatal memang sangat mengganggu, namun jangan menggosok di area luka, dan sebaiknya anda hanya mengelus secara perlahan saja. Rasa gatal ini juga sebagai tanda bahwa luka bekas operasi caesar mulai sembuh.
  • Gunakan sabun Mild dari sabun yang biasa anda gunakan untuk mandi. Dengan mengoleskan sabut tersebut, dapat memberikan kelembapan pada kulit dan mengurangi rasa gatal di area luka setelah operasi caesar. Biasanya dokter juga akan memberikan salep yang bisa dioleskan secara rutin terutama setelah mandi, untuk mengurangi rasa gatal tersebut.
  • Melakukan aktivitas ringan seperti senam nifas, atau latihan relaksasi khusus ibu setelah melahirkan dapat mengurangi rasa gatal pada bekas operasi caesar. Hal ini dikarenakan dapat mempercepat aliran darah dan membuat tubuh kembali bugar.
  • Apabila dalam waktu lebih dari enam bulan, rasa gatal masih dirasakan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab utama dan dilakukan tindakan penanganan khusus sesuai petunjuk dokter.
Ringkasan:
  • Operasi Caesar menyisakan bekas luka sayatan yang biasanya akan menyebabkan rasa gatal pada kulit perut terutama sekitar luka,
  • Mengatasi Gatal Setelah Operasi Caesar bisa dengan mengoleskan sabun atau krem yang diberikan dokter, dan hindari untuk menggaruknya,
  • Apabila rasa gatal pada sekitar luka operasi caesar tetap dirasakan setelah 6 bulan segera lakukan pemeriksaan ke dokter. 

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Cara Mengatasi Gatal Setelah Operasi Caesar pada Kulit Perut"