Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Kesehatan Sperma Pria

Tips Meningkatkan Kesehatan Sperma Pria
Kesehatan sperma pria ditentukan dengan kuantitas, kualitas, dan gerakan sel-sel untuk mampu membuahi sel telur. Seorang pria disebut subur apabila saat ejakulasi mengeluarkan semen yang mengandung lebih dari 15.000.000 sperma dalam satu mililiter. Adapun bentuk fisik sperma yang berkualitas, adalah memiliki kepala oval dan ekor panjang yang bergerak cepat ke depan. Semakin banyak sperma yang mempunyai bentuk normal tersebut, maka seorang pria semakin subur.

Agar dapat membuahi sel telur wanita sehingga terjadi kehamilan, sperma harus bergerak cepat menuju leher rahim, rahim, dan saluran telur. Dan seorang pria disebut subur apabila 40% sperma yang dihasilkan bergerak cepat. Adapun beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki kesehatan sperma, yang berdasarkan pemeriksaan dikatakan tidak subur, adalah sebagai berikut:
  • Hindari pergaulan bebas yang sangat memungkinkan untuk menularkan infeksi penyakit seksual, sehingga akan mempengaruhi kesuburan pria. Anda tentu harus setia kepada pasangan dan melakukan seks monogami dengan pasangan yang sehat.
  • Menerapkan pola makan sehat, dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung antioksidan, dapat meningkatkan kualitas sperma atau memperbaikinya.
  • Menjaga berat badan ideal, karena banyak penelitian yang menemukan hasil bahwa pria yang mengalami obesitas tidak mempunyai kualitas sperma (jumlah dan gerakan) yang baik.
  • Menghindari stres karena Stres dapat mengurangi fungsi seksual dan mengganggu hormon yang diperlukan untuk memproduksi sperma pria. 
Selain empat cara diatas, sebaiknya pasangan yang sedang melakukan program hamil rutin berolahraga. Dengan berolahraga maka stamina, dan stres dapat dihindari, sehingga produksi sperma bisa maksimal.

Ringkasan:
  • Pria subur akan menghasilkan 15.000.000 sperma dalam satu mililiter semen yang dikeluarkan saat ejakulasi,
  • Kesuburan pria ditentukan jumlah, bentuk dan gerakan sperma,
  • Cara Meningkatkan Kesehatan Sperma Pria adalah dengan  menjaga pola seks, pola makan, olahraga dan berat badan yang sehat.

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Kesehatan Sperma Pria"