Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan Tubuh yang dilarang saat Hamil

Tips Merawat Tubuh Ibu Hamil
Ibu Hamil harus menghindari beberapa kebiasaan perawatan tubuh yang di khawatirkan dapat mengganggu kesehatan khususnya dirinya sendiri dan janin di dalam kandungan. Hal ini tentu karena beberapa obat atau alat yang digunakan sangat tidak direkomendasikan digunakan untuk ibu hamil.

Adapun beberapa jenis perawatan tubuh yang harus dihindari saat hamil, adalah sebagai berikut:

Perawatan Rambut (pengeritingan, rebonding, dan pewarnaan rambut) tidak banyak yang menggunakan bahan kimia yang dapat menempel di rambut dan kulit kepala saat digunakan. Akhirnya bahan kimia ini dapat diserap oleh pori-pori kulit kepala dan aliran darah sehingga dapat membahayakan janin dan meningkatkan risiko kecacatan bayi saat dilahirkan. Penggunaan bayi terlahir cacat. Kandungan bahan kimia pada cream hair removers, juga dapat membahayakan kondisi janin di dalam kandungan.

Obat Jerawat, yang mengandung Retinol A, Benzoil Peroksida, accutane, hidrokortison dan salicylic acid harus dihindari karena menghambat perkembangan bayi, meningkatkan risiko kecacatan bahkan kematian pada janin, keracunan, dan juga memicu komplikasi pada ibu hamil.

Perawatan Kulit, dengan menggunakan bahan yang mengandung aksibenzon, avobenzone, parabens, lotion atau pembersih kulit asam salisilat, pemutih kulit dengan kandungan hydroquinone harus dihindari ibu hamil, karena dapat menyebabkan perkembangan janin terhambat, meningkatkan risiko cacat pada janin, mempengaruhi sistem reproduksi bayi laki-laki, mempengaruhi enzim-enzim dalam tubuh dan menahan aliran bahan-bahan alami yang dibutuhkan janin di dalam kandungan.

Manikur dan Pedikur, biasanya menggunakan cat kuku yang mengandung phathalates. Bahan kimia ini dapat menyebabkan masalah pada sistem reproduksi. Adapun kandungan bahan kimia lain dalam cat kuku yang berbahaya adalah aseton, top coat, dan basecoat yang berpengaruh menyebabkan bayi cacat atau bahkan janin meninggal apabila sampai terhirup.

Produk yang aromanya sangat wangi, biasanya terbuat dari bahan kimia phthalates. Bahan kimia berbahaya ini banyak ditemukan dalam parfum, lotion, dan body spray, yang apabila digunakan oleh ibu hamil dapat meracuni bayi dan menghambat pertumbuhannya.

Penggelapan kulit atau tanning banyak dilakukan untuk membuat kulit tampak lebih eksotis. Namun kandungan dihidroksiaseton (DHA) saat proses penggelapan kulit akan diserap dalam aliran darah ibu hamil sehingga dapat merusak DNA Janin di dalam kandungan.

Ringkasan:
  • Perawatan Tubuh yang dilarang untuk ibu hamil adalah dengan penggunaan bahan perawatan yang mengandung bahan kimia berbahaya,
  • Perawatan tubuh yang biasanya menggunakan bahan kimia adalah, perawatan rambut, obat jerawat, perawatan kulit, menikur pedikur dan tanning.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Perawatan Tubuh yang dilarang saat Hamil"