Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Cara Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit
Melahirkan normal tentu menjadi impian setiap wanita hamil, dan hal ini juga disarankan dalam dunia medis, karena banyaknya keuntungan yang didapatkan baik itu pada ibu maupun bayi setelah dilahirkan. Dengan persalinan normal, menjadi salah satu tanda bahwa janin dan ibu mengalami kesehatan yang baik. Melahirkan secara normal juga akan menjadi pengalaman wanita yang tentu tidak akan dilupakan.

Namun memang melahirkan normal menyebabkan rasa sakit, dan hal ini yang menyebabkan rasa khawatir atau takut ketika ibu hamil akan menghadapi proses persalinan normal. Namun anda perlu mengetahui bahwa rasa sakit yang dirasakan ibu satu dengan yang lain akan berbeda-beda. Hal ini disebabkan banyak faktor, mulai dari pengalaman melahirkan, ukuran dan berat badan janin, dukungan (suami, keluarga), teknik persalinan, bahkan dari tenaga medis yang menolong proses persalinan anda.

Bagi anda yang ingin mengurangi rasa sakit saat persalinan normal bisa melakukan beberapa tips dibawah ini:
  • Berdoa Kepada Tuhan, agar diberikan proses persalinan normal yang lancar dan tentu keselamatan untuk semuanya.
  • Yakin dan Percaya, bahwa anda dapat melakukan persalinan dengan mudah dan tanpa rasa sakit.
  • Melakukan Jalan-jalan Kecil mendekati HPL, dan saat kontraksi belum memuncak, sehingga dapat membantu ibu mempercepat proses persalinan.
  • Tetap Rileks Menjelang Persalinan, karena rasa tegang akan membuat otot-otot ibu menjadi kaku dan proses melahirkan akan lebih menyakitkan. Untuk mendapatkan rileksasi ini, anda harus mendapat dukungan suami dan keluarga yang lain, menggunakan teknik pernapasan yang benar (ikuti intruksi tenaga medis yang membantu proses persalinan), Titik Pusat Perhatian (membayangkan hal-hal yang menyenangkan) dan mengetahui proses dan teknik persalinan yang benar dengan membaca buku-buku kehamilan.
Mengetahui proses dan teknik melahirkan normal yang benar akan membantu ibu mengurangi rasa sakit yang terjadi. Karena dengan begitu, proses persalinan akan berjalan lebih cepat, dan lebih lancar. Salah satu teknik melahirkan, yang sebaiknya dipelajari adalah mendorong dan mengejan. Anda juga bisa melakukan stimulasi puting untuk mempercepat proses persalinan. Stimulasi juga bisa menggunakan obat, yang tentu penggunaannya harus dengan pengawasan dokter.

Ringkasan:
  • Rasa sakit saat persalinan disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari ukuran janin, teknik melahirkan, bahkan faktor tenaga medis,
  • Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit bisa didapatkan dengan Keyakinan dan rasa rileks menghadapi persalinan,
  • Berlatih mengejan atau mendorong bayi juga bisa membantu mengurangi rasa sakit saat persalinan. 

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Tips Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit"