Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelahiran 200 Bayi Tabung di RS.Dr.Sardjito DIY

Biaya Bayi Tabung
RS.Dr.Sardjito DIY adalah salah satu rumah sakit pemerintah yang terus mengembangkan teknologi reproduksi bantuan melalui klinik bayi tabung Permata Hati. Klinik Permata Hati didirikan pada tahun 1997, dan sampai akhir tahun 2014 telah berhasil melahirkan 200 bayi melalui program Bayi Tabung.

Menurut dr.Syafak Hanung, Sp.A, selaku Direktur Utama RSUP.Dr.Sardjito Yogyakarta “Rumah sakit Dr.Sardjito termasuk rumah sakit pemerintah yang masih menjalankan program bayi tabung. Dimana ada Rumah Sakit pemerintah lain yang berhenti, karena salah satu penyebabkan karena faktor pembiayaan.

RS.Dr.Sardjito DIY merupakan Rumah Sakit yang telah mendapat akreditasi internasional sebagai rumah sakit pendidikan, juga menyediakan layanan teknologi simpan embrio beku. Teknologi ini memungkinkan penyimpanan sejumlah embrio berlebihan dari hasil pembuahan bayi tabung melalui berbagai teknik.

Embrio-embrio berlebih yang tidak ditransfer ke rahim tersebut dapat disimpan dengan berbagai teknik pembekuan menggunakan cairan nitrogen beku, yang bisa digunakan apabila diperlukan, atau dengan kata lain ada bayi yang sebenarnya kembar namun dilahirkan dengan waktu yang berbeda tahun.

Tingkat Keberhasilan Program Bayi Tabung di RS.Dr.Sardjito DIY mencapai 35% untuk terjadi kehamilan, dan 30% untuk bayi yang memang bisa lahir dengan sehat. Diani Ayu Suraningtias M.Biomed, dari Laboratorium Sitogenetika Klinik Permata Hati, mengatakan “salah satu penyebab utama kegagalan program bayi tabung adalah, karena kegagalan kromosom. Sehingga sebelum dimulainya program bayi tabung, biasanya akan dilakukan screening untuk analisa kromosom pada pasangan suami istri.

Program bayi tabung di RS.Dr.Sardjito DIY bisa membutuhkan waktu sekitar 25 hari, mulai dari konseling sampai implan embrio ke rahim. Sampai saat ini, usia pasien yang datang ke klinik Permata Hati berusia antara 30-42 tahun. Dan tentu semakin  tua usia pasangan suami istri, makan tingkat keberhasilan akan semakin rendah.

Adapun biaya untuk satu kali program bayi tabung di klinik Permata Hati RS.Dr.Sardjito DIY berkisar antara Rp 50-60 juta rupiah. Dan biaya paling besar yang dibutuhkan, adalah untuk pemakaian obat-obatan hormonal untuk merangsang produksi sel telur pada wanita.

Ringkasan:
  • Dalam kurun waktu 17 tahun klinik Permata Hati RS.Dr.Sardjito DIY telah berhasil melakukan 200 program bayi tabung,
  • Tingkat Keberhasilan Bayi tabung klinik Permata Hati sekitar 30% bayi lahir dengan sehat,
  • Biaya Bayi Tabung di klinik Permata Hati RS.Dr.Sardjito DIY adalah sekitar Rp 50-60 juta rupiah.

Post a Comment for "Kelahiran 200 Bayi Tabung di RS.Dr.Sardjito DIY"