Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Bagi Ibu Hamil Yang Ingin Berpuasa Saat Ramadhan

Puasa Ibu Hamil
Pada dasarnya, puasa merupakan suatu kegiatan yang sangat dianjurkan, tidak hanya dalam agama tetapi juga untuk kesehatan tubuh manusia. Namun terkadang, banyak anggapan yang beredar di masyarakat tentang ibu hamil  yang berpuasa, terutama di bulan Ramadhan. Banyak di antara mereka yang mengkhawatirkan keadaan dan kondisi kehamilannya dalam melaksanakan puasa Ramadhan. Oleh karena itu bunda, pengetahuan tentang bagaimana tips bagi wanita hamil yang akan berpuasa sehingga tetap terjaga kondisi kesehatannya dan janinnya.

Banyak dokter percaya bahwa puasa memberikan manfaat, untuk kesehatan fisik pada ibu hamil. Jadi, jika bunda tidak memiliki riwayat gangguan kesehatan atau fisik yang serius, maka dalam hal ini puasa di bulan Ramadhan bisa dilaksanakan. Nah, untuk membantu ibu hamil berpuasa menjaga kesehatan janin dan tubuhnya, bunda perlu ingat hal-hal yang perlu dihindari seperti stress dan kelelahan. Selain itu, ada banyak hal lagi yang bisa dilakukan.

Kehamilan biasanya identik dengan keadaan mual dan muntah atau morning sickness. Hal tersebut bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk tetap menjaga kesehatan bunda dan janin dalam kandungannya. Dengan melakukan konsultasi, bunda bisa lebih mengetahui kondisi kehamilan bunda serta apa yang harus dilakukan.

Ketika berpuasa, ada beebrapa tips penting yang bisa dilaksanakan oleh ibu hamil puasa. Yang pertama yaitu pada saat berbuka, hendaklah makan dengan bertahap dan pelan-pelan sesuai dengan gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan janin. Sahurlah di waktu menjelang imsak serta minumlah banyak air agar kebutuhan air untuk bunda dan janin tetap terjaga selama berpuasa.

Beberapa jenis makanan yang sangat disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil pada saat berpuasa di Bulan Ramadhan adalah makanan yang mengandung protein hewani baik ayam, daging, telur, dan juga ikan. Konsumsi sayur dan buah harus tetap dilakukan agar mendapatkan nutrisi tubuh seimbang. Perhatikan juga konsummsi makanan berlemak dan karbohidrat, alangkah baiknya jika bunda sedikit mengurangi jenis makanan itu untuk menjaga kesehatan.

Pada saat berpuasa, beberapa wanita hamil akan mengalami masalah kesehatan. Adapun beberapa diantaranya adalah diabetes, hati, asma, gangguan ginjal, tekanan darah tinggi, gejala penyakit kehamilan, resiko bayi premature, mengandung bayi kembar, serta penyakit lainnya. Dalam hal ini, jikalau tanda-tanda seperti halnya susah bernafas, pusing, merasakan gerakan lemah dari janin yang dikandung, pandangan kabur, dan lainnya, hal itu merupakan alasan kuat untuk bunda membatalkan puasa.

Ringkasan:
  • Ibu hamil melakukan puasa di bulan ramadhan sangat dianjurkan untuk kesehatan dengan catatan dalam keadaan baik dan sehat.
  • Masalah morning sickness bisa menjadi halangan bagi ibu hamil untuk melakukan puasa bulan Ramadhan.
  • Tips berpuasa sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang ingin menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan.
  • Ada beberapa alasan dan masalah kenapa ibu hamil perlu membatalkan puasa.

Post a Comment for "Tips Bagi Ibu Hamil Yang Ingin Berpuasa Saat Ramadhan"