Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asam Urat Menigkatkan Penyakit Jantung

Serangan Jantung
Penyakit Asam Urat identik sebagai rasa sakit yang mengganggu dan menyebabkan radang pada persendian. Gejala Penyakit Asam Urat tidak terduga, dan biasanya diawali nyeri di bagian persendian, terutama pada jempol kaki lalu merambat ke persendian kaki bagian atas.

Bahaya Asam Urat ternyata lebih mengerikan, karena berdasarkan Jurnal Rheumatology Inggris pada 2013 menemukan bahwa pemilik kadar asam urat yang tinggi, ternyata juga memiliki peluang dua kali lipat  lebih besar terkena serangan jantung.

Adapun hubungan di antara keluhan asam urat dan serangan jantung mempunyai latar kemiripan faktor penyebab. Karena Kedua penyakit tersebut sama-sama dipicu kelebihan berat badan, tekanan darah dan kadar Kolesterol yang tinggi.

Asam urat disebabkan karena pola makan tinggi purin, yang dimana zat ini merupakan salah satu pembentuk struktur kimia dari gen manusia, hewan, dan tumbuhan. Pola makan ini menyebabkan kadar asam urat meningkat, sehingga melebihi kadar jenuh 7,5 mg/dL, mengental, kemudian mengendap di dalam darah anda.

Endapan kadar asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal pada persendian sehingga menyebabkan peradangan. Kadar asam urat yang tinggi dii dalam darah juga akan merusak pembuluh darah, dan pada tahap ini anda juga sangat berisiko terkena serangan jantung.

Aat anda didiagnosis menderita asam urat, sebaiknya selalu memeriksa berat badan, tekanan darah, dan kandungan Kolesterol di dalam darah. Anda sebaiknya juga menjalani pengobatan untuk menurunkan kadar asam urat untuk pengurangan risiko penyakit jantung.

Pencegahan Penyakit Asam Urat bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dengan tujuan mengendalikan jumlah zat purin dalam tubuh. Dalam keseharian, sebaikya anda  memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah, buah, sayuran, protein tanpa lemak, dan lemak esensial. Adapun asupan yang bisa menurunkan zat asam urat seperti buah beri, minyak zaitun, tahu, dan bawang putih.

Pola Hidup sehat juga harus dibarengi dengan melakukan olahraga rutin minimal empat sampai lima kali seminggu selama 30-45 menit per hari. Dengan rutin berolahraga, maka akan efektif untuk menurunkan berat badan dan menjaga stamina. Dan apabila anda sudah didiagnosis mempunyai asam urat tinggi, segera hindari konsumsi minuman beralkohol dan perbanyak minum air putih dan jus buah.

Ringkasan:
  • Penyakit Asam Urat memicu rasa sait pada persendian pada saat-saat tertentu,
  • Kadar Asam Urat Tinggi di dalam darah juga meningkatkan resiko serangan Jantung,
  • Mengontrol Kadar Asam Urat bisa dilakukan dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Post a Comment for "Asam Urat Menigkatkan Penyakit Jantung"