Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resiko Kebutaan pada Ibu Hamil yang Menderita Diabetes

Diabetes pada Ibu Hamil
Ibu Hamil yang mempunyai penyakit diabetes harus rutin melakukan periksa kesehatan mata. Hal ini dikarenakan, pada pasien diabetes terutama saat hamil akan meningkatkan risiko terkena retinopati diabetik atau kerusakan pada retina mata.

Dr. Olivia Cicilia Walewangko, SpPD selaku Dokter dari Divisi Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, menjelaskan Ibu hamil akan mengalami perubahan hormonal.
Salah satunya adalah human placental lactogen, yaitu hormon yang dikeluarkan plasenta ibu hamil, dan ternyata hormon ini mempengaruhi insulin sehingga akan sangat berpengaruh pada ibu yang sebelumnya menderita diabetes.

“Human placental lactogen menyebabkan fungsi insulin jadi lebih lemah karena ada resistensi. Gula darah pada ibu hamil jadi lebih sulit dikendalikan. Hal ini menyebabkan Ibu hamil tersebut akan lebih rentan mengalami hiperglikemia atau tingginya gula darah. Hiperglikemia yang terus terjadi akan meningkatkan risiko komplikasi diabetes, yang salah satu paling sering adalah retinopati diabetik. Tingginya gula darah selama hamil perlahan bisa merusak pembuluh darah kecil pada mata Ibu Hamil.

Namun, memang tidak berarti retinopati diabetik pasti akan dialami ibu hamil. Bisa saja memang sebelum hamil, wanita tersebut sudah memiliki retinopati diabetik yang tidak pernah disadari.
Kerusakan pada retina mata bisa menjadi progresif saat hamil. sehingga, pasien diabetes yang sedang hamil wajib menjaga kadar gula darah agar terhindar dari beragam komplikasi yang ditimbulkan.

Ibu Hamil yang menderita Diabetes bisa menjalani pemeriksaan foto fundus untuk melihat area retina mata. Hal ini untuk mendeteksi retinopati diabetik pada tahap awal. Dan untuk selanjutnya dilakukan terapi untuk mencegah kerusakan retina menjadi lebih buruk dan mencegah kerusakan sampai ke bagian makula.

Pengobatan dini retinopati diabetik pada ibu hamil akan mencegah gangguan pengelihatan lebih parah, untuk bahkan terjadinya kebutaan. Sehingga, apabila sudah terkena komplikasi diabetes pada mata, maka pasien diharapkan lebih peduli untuk mengontrol kadar gula darah secara rutin dan selalu mengkonsumsi obat dari dokter.

Ringkasan:
  • Fungsi insulin pada ibu hamil yang menderita diabetes akan lebih lemah sehingga kadar gula darah lebih sulit dikontrol,
  • Kadar gula darah yang tinggi karena sulit dikontrol akan menyebabkan komplikasi, salah satunya adalah retinopati diabetik,
  • Retinopati diabetik adalah rusaknya retina mata pada pasien diabetes dan apabila tidak segera diatasi bisa memicu kebutaan.

Post a Comment for "Resiko Kebutaan pada Ibu Hamil yang Menderita Diabetes"