Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaji Kecil Meningkatkan Risiko Kematian Dini?

Gaji Kecil Meningkatkan Risiko Kematian
Gaji Kecil bagi pekerja ternyata bisa lebih mematikan dibandingkan bagi seseorang memiliki badan gemuk. Bahkan para ahli yang melakukan penelitian memperingatkan, gaji seorang pasien yang rendah harus menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh petugas medis sebagai penyebab penyakit yang berhubungan dengan kematian dini.

Sebuah penelitian menemukan, orang dewasa yang kurang dari segi ekonomi, mengalami penurunan harapan hidup sebanyak 2,1 tahun. Hampir sama dengan orang yang mempunyai kebiasaan jarang bergerak yang bisa mengurangi harapan hidup sebanyak 2,4 tahun. Sedangkan orang dewasa yang mengalami obesitas, harapan hidup  berkurang 0,7 tahun dan 0,5 tahun untuk mereka yang minum terlalu banyak alkohol.

Metode penelitian adalah dengan mengamati lebih dari 1,7 juta orang dewasa dari tujuh negara maju. Merokok ditemukan memiliki dampak kematian dini terbesar, yaitu memotong harapan hidup rata-rata 4,8 tahun.

Peneliti utama Dr Silvia Stringhini, dari Rumah Sakit Lausanne University di Swiss, mengatakan, “Studi ini merupakan yang pertama yang membandingkan dampak kemiskinan dengan ancaman kesehatan lainnya seperti tidak aktif bergerak, merokok, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas dan minum alkohol.”

Penelitian ini menemukan empat dari 10 pria dan lebih dari seperempat wanita dalam kategori sosial ekonomi rendah, 46% lebih kecil kemungkinannya untuk mencapai usia 85 tahun. Menurut sesama peneliti Profesor Paolo Vineis, dari Imperial College London, status sosial ekonomi jarang dijadikan faktor penyebab berkurangnya harapan hidup. Menurunnya harapan hidup bagi seseorang yang mempunyai gaji kecil ini adalah disebabkan karena tingkat stres, dan banyak hal dalam kehidupan.

Ringkasan:
  • Seseorang yang mempunyai gaji kecil mengalami penurunan harapan hidup sebanyak 2,1 tahun,
  • Seseorang yang mempunyai kebiasaan jarang bergerak yang bisa mengurangi harapan hidup sebanyak 2,4 tahun,
  • Merokok memotong harapan hidup seseorang rata-rata 4,8 tahun.

Post a Comment for "Gaji Kecil Meningkatkan Risiko Kematian Dini?"