Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Payudara bagi Ibu Menyusui

Merawat Payudara Ibu Menyusui
Perawatan Payudara bagi Ibu Menyusui perlu dilakukan dengan tujuan bisa membantu melancarkan produksi ASI. Hal ini berpengaruh pada proses pemberian ASI, sehingga pemberian ASI menjadi lebih mudah dan aman bagi ibu maupun buah hati. Namun memang Bagaimana cara merawat payudara bagi Ibu menyusui? Masing sering menjadi pertanyaan terutama bagi ibu muda atau yang baru pertama kali mempunyai momongan. Bahkan ibu yang sudah mempunyai lebih dari 2 pun masih tidak meperhatikan perawatan payudara saat menyusui.

Puting susu merupakan salah satu bagian dari payudara yang sangat penting saat menyusui. Untuk itu Ibu Menyusui harus rajin merawatnya agar selalu bersih sehingga memberikan kenyamanan bagi buah hati. Pada dasarnya Tidak sulit merawat payudara bagi ibu menyusui, karena pada kesempatan ini Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan memberikan cara merawat payudara bagi Ibu Menyusui, yang diantaranya adalah:
  • Memilih bra yang bisa menyerap keringat, tidak terlalu sempit dan bisa menyangga payudara dengan baik. Bunda sebaiknya juga memilih bra khusus bagi ibu menyusui. Hal ini berguna untuk mempermudah Bunda dalam memberikan ASI kepada Buah Hati.
  • Membersihkan puting Bunda dengan menggunakan air hangat setiap selesai mandi. Pastikan Putting susu tidak terkena sabun mandi, karena bisa membuat kering dan menyebabkan lapisan puting terkelupas dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri pada saat menyusui.
  • Apabila Bunda memiliki jenis puting yang melesak ke dalam, cobalah untuk menggunakan alat penarik puting (nipple corecctor). Namun, alat ini tidak bisa membuat puting menonjol dalam waktu cepat. Perlu waktu yang cukup lama, jadi Bunda harus sabar melakukannnya.
  • Lakukan latihan gerakan otot pada badan yang bisa berfungsi sebagai penopang payudara, hal ini bisa juga menunjang produksi ASI dan bisa mempertahankan bentuk payudara setelah masa Ibu menyusui.
  • Pijat  puting susu dan sekitarnya dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Pemijatan puting susu  ini akan lebih baik menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun, agar kulit mati pada puting bisa terkelupas, dan selalu menjaganya agar tetap lembab.
  • Setelah selesai menyusui ambil beberapa tetes ASI kemudian oleskan disekitar puting, lalu biarkan hingga kering sebelum payudara ditutup dengan bra, sebagai efek penyembuhan atau mencegah luka.
  • Apabila puting mengalami lecet atau nyeri akibat cara bayi mengisap ASI salah, coba untuk mengganti posisi menyusui menggunakan puting satunya yang tidak sakit.
  • Memberikan ASI sebaiknya sebelum dia sangat lapar sehingga  tidak mengisapnya terlalu kuat yang bisa memicu nyeri atau lecet.
Perawatan Payudara bagi Ibu Menyusui sama dengan memelihara kualitas ASI yang Bunda berikan pada buah hati agar tetap baik. Bunda juga harus menerapkan pola makan dan pola tidur sehat dan teratur. Bunda Menyusui sebaiknya juga harus minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Ringkasan:
  • Merawat payudara saat memberikan ASI pada Buah hti akan membuat aktivitas menyusui lebih nyaman dan tanpa rasa sakit.
  • Perawatan payudara akan membuat Anda merasa nyaman saat menyusui baik itu pada Bunda maupun Buah Hati.
  • Payudara yang sehat dan terawat baik, akan meperlancar produksi ASI, sehingga proses menyusui lebih nyaman.

Post a Comment for "Tips Perawatan Payudara bagi Ibu Menyusui"