Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cinderella Complex merupakan Gangguan Psikologi

Cinderella Complex merupakan kondisi yang dialami seorang wanita, dimana dirinya sangat ingin dilindungi dan sangat membutuhkan seorang pria untuk pelindung  kehidupan. Gangguan psikologi Cinderella Complex ini disebabkan dari pola asuh orang tua yang salah. Kondisi ini ditandai dengan rasa tidak percaya diri yang tinggi & perasaan takut terselubung untuk lebih mandiri atau dewasa. Dalam keseharian gangguan psikologis ini biasa disebut pula sindrom usia 20-an.

Penyebab Cinderella Complex adalah pola pengasuhan orang tua yang selalu melindungi secara berlebihan, membiarkan anak terlalu bermanja-manja, tidak mengajarkan pola jiwa berpikir dan memilih dan mengambil keputusan. Selain itu, perbedaan pola asuh antara ayah dan ibu juga bisa membuat sang anak bingung.

Sosok ayah yang sangat dekat & over protective kepada anak perempuan,  bisa menyebabkan anak kelak akan mencari pasangan seperti sosok ayahnya yang selalu menyayangi & melindunginya. Seorang wanita yang mengalami Cinderella Complex nantinya akan sangat membutuhkan seorang suami yang mempunyai sosok seperti ayahnya, yang dewasa, dimanja berlebihan, mengayomi dan selalu melindungi. Perasaan ini juga akan terus bertambah hingga membuat anak wanita semakin bergantung dan tidak bisa mandiri.

Bila penderita Cinderella Complex ini tidak menemukan sosok seperti ayahnya, maka ia akan cenderung terus mencari sampai ia menemukan lelaki idaman. Bila menikah kelak, apabila pasangan menjadi seorang yang tidak bisa dia impikan. Maka rumah tangga tersebut rentan terjadi konflik dan dapat berakhir dengan perceraian. Begitulan sindrom Cinderella Complex yang terjadi pada seorang perempuan yang sebenarnya.

Ringkasan:

  • Cinderella Complex merupakan Gangguan Psikologi yang dialami oleh para wanita,
  • Gangguan Psikologi Cinderella Complex disebabkan karena pola asuh yang salah antara orang tua,
  • Penderita Cinderella Complex akan merasakan kerugian saat dewasa bahkan bisa mengganggu kehidupan keluarga.

Post a Comment for "Cinderella Complex merupakan Gangguan Psikologi"