Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Makanan dan Minuman Pantangan untuk Ibu Hamil

Minuman Pantangan untuk Ibu Hamil
Kesehatan Ibu Hamil dan perkembangan janin sangat rentan terhadap gangguan kesehatan yang ditimbulkan dari turunan ataupun pola kehidupan. Hal ini tentu menjadi perhatian bagi Bunda yang ingin memiliki bayi lahir sehat. Bahkan pantangan Ibu Hamil dari aspek medis, sering dilakukan karena tradisi yang berkembang di masyarakat.

Pada artikel ini, Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan memaparkan Pantangan Makanan dan Minuman Untuk Ibu Hamil, yang di pandang dari sisi medis:

  • Ibu Hamil dilarang  Makanan Mentah, baik dari hewan dan sayuran karena memiliki resiko tinggi memicu gangguan Kesehatan Ibu Hamil. Mengkonsumsi makanan mentah sangat berisiko keguguran terutama pada Kehamilan Usia Muda.
  • Ikan dengan Kandungan Merkuri tidak boleh dikonsumsi Ibu Hamil, karena dikhawatirkan bisa menggaggu perkembangan otak dan sistem saraf janin. Adapun jenis ikan yang banyak mengandung merkuri seperti ikan mackerel, ikan todak, tilefish.
  • Ibu Hamil dilarang Makan Makanan Pemicu Alergi, karena risiko alergi mungkin juga dialami oleh janin di dalam kandung. Adapun jenis makanan yang sering menjadi penyebab alergi seperti misalkan kacang atau produk olahannya.
  • Minuman Beralkohol tidak boleh dikonsumsi Ibu Hamil, karena bisa menghambat asupan nutrisi bagi janin Bunda selain itu oksigen yang dibutuhkan janin akan tersendat. Alkohol juga akan memberikan pengaruh pada kemampuan otak janin sehingga menyebabkan beberapa gangguan bayi saat lahir termasuk IQ dan gangguan fisik lainnya.
  • Minuman Mengandung Kafein merupakan salah satu Pantangan untuk Ibu Hamil, terutama yang berasal dari minuman suplemen. Hal ini dikarenakan meningkatkan resiko keguguran dan bayi lahir dengan berat badan yang rendah bahkan bisa juga mengakibatkan kematian di saat persalinan.
  • Makanan dengan Kalori yang berlebih, akan memicu obesitas pada Ibu Hamil. Ibu Hamil yang mengalami obesitas sebelum saat hamil akan meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan berlebih bahkan beresiko diabetes. Namun bukan berarti Bunda bisa menurunkan berat badan pada masa kehamilan yang menghambat nutrisi untuk janin.
  • Susu yang mentah atau yang tidak Dipasteurisasi tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, karena Pasteurisasi susu dilakukan bertujuan untuk membasmi bakteri jahat dengan menggunakan suhu panas. Sehingga apabila susu masih mentah, dikhawatirkan ada bakteri yang bisa berbahaya untuk kehamilan termasuk keguguran.


Ringkasan:
  • Gangguan Kesehatan Ibu Hamil bisa disebabkan karena hal sepele, seperti mengkonsumsi makanan yang salah,
  • Pantangan Makanan Ibu Hamil seperti Makanan Mentah, Ikan dengan Kandungan Merkuri, Makan Makanan Pemicu Alergi, Makanan mengandung Kalori tinggi.
  • Pantangan Minuman Ibu hamil Seperti Minuman Beralkohol, Minuman mengandung kafein tinggi, dan susu mentah.

Post a Comment for "7 Makanan dan Minuman Pantangan untuk Ibu Hamil"