Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Heartburn pada Ibu Hamil

Mengatasi Heartburn pada Ibu Hamil
Banyak keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil yang salah satunya adalah heartburn (rasa panas seperti terbakar pada bagian dada atau ulu hati). Heartburn akan lebih sering muncul terutama saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga. Selain rasa panas seperti terbakar, ibu hamil juga sering merasakan rasa seperti ditusuk-tusuk benda tajam di daerah ulu hati. Kondisi ini tidak berhubungan dengan gangguan jantung, namun disebabkan karena meningkatnya hormon progresteron yang meningkatkan asam lambung.

Bagi anda ibu hamil yang merasakan kondisi tersebut, memang sangat mengganggu dan tidak mengenakan. Sehingga pada artikel ini, Tips Kesehatan Keluarga Buda akan memberikan tips bagaimana Mengatasi Keluhan Heartburn pada Ibu Hamil, yang diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Makan Sedikit Namun Sering, dengan tujuan untuk mencegah perut kosong lebih lama sehingga asam lambung bisa dinetralisasi. Cara ini juga menjamin, agar kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil terpenuhi, dibandingkan makan 3 kali dalam sehari namun dengan porsi yang besar.
  • Menghindari Makanan Pemicu Heartburn, seperti makanan berlemak, makanan asam, berbumbu tajam, makanan pedas, makanan atau minuman mengandung kaffein atau minuman bersoda.
  • Hindari Berbaring atau Tiduran Setelah Makan, karena akan memicu naiknya asam lambung secara cepat menuju kerongkongan. Sangat dianjurkan untuk memberikan jeda 2 hingga 3 jam setelah makan, untuk bisa berbaring atau Ibu Hamil Tidur. Bunda Hamil juga diperbolehkan untuk berjalan-jalan kecil setelah mereka menyantap makan agar makanan lebih cepat dicerna.
  • Makan jangan terburu-buru dan kunyah dengan benar, pola makan yang terburu-buru akan membuat kinerja perut dalam mencerna makanan akan lebih berat, sehingga menyebabkan begah.
  • Ibu Hamil sebaiknya menghindari Penggunaan Kostum yang Terlalu Ketat, karena akan memberikan tekanan besar pada perut ibu hamil. Hal ini akan memicu ibu hamil merasakan sakit yang dikhawatirkan dapat mengganggu janin di dalamnya. Bunda Hamil, sebaiknya menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman terutama di sekitaran daerah pinggang dan perut.
  • Mengunyah Permen Karet mampu meningkatkan produksi saliva (air liur) yang bisa menetralkan asam lambung di kerongkongan.
  • Apabila Ibu Hamil Merasakan Heartburn segeralah berbaring dengan tubuh bagian atas, dada dan kepala lebih tinggi daripada bagian perut atau berbaring setengah duduk. Posisi ini akan mencegah naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Gunakan penopang punggung dengan bahan yang lembut.
Ringkasan:
  • Heartburn adalah rasa panas seperti terbakar pada bagian dada atau ulu hati yang sering dirasakan Ibu Hamil,
  • Penyebab Heartburn pada Ibu Hamil adalah meningkatnya Asam Lambung karena meningkatnya hormon progresteron,
  • Mengatasi Heartburn pada Ibu Hamil bisa dilakukan dengan melakukan pola makan yang baik, mengunyah permen karet, dan penggunaan kostum yang tepat.

Post a Comment for "Mengatasi Heartburn pada Ibu Hamil"