Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Operasi Caesar pada Wanita Merugikan Kesehatan

Bahaya Operasi Caesar pada Wanita
Saat ini masih Banyak yang menganggap Operasi Caesar pada Wanita sangat aman, padahal Caesar saat melahirkan termasuk operasi besar. Sehingga operasi caesar hanya boleh dilakukan apabila ada risiko yang mempengaruhi Kesehatan Wanita atau ibu dan bayi, apabila dilakukan persalinan normal.


Keputusan untuk melakukan operasi caesar seharusnya menjadi pilihan terakhir untuk proses persalinan. Hal ini bukan tanpa alasan, namun perlu diketahui ternyata risiko infeksi dari operasi ini jauh lebih tinggi dari yang selama ini anda pikirkan. Penelitian yang dilakukan di Inggris ditemukan, satu dari sepuluh wanita yang melakukan operasi caesar mengalami infeksi sehingga mereka harus tinggal lebih lama di rumah sakit untuk perawatan lebih lama.

Bahaya Operasi Caesar pada Wanita

Sebagian besar dokter tentu tidak menyarankan seorang perempuan melakukan operasi caesar lebih dari tiga kali. Apabila perempuan tersebut hamil yang ke- 4kali, maka dianjurkan untuk melahirkan secara normal. Hal ini dikarenakan bedah caesar berulang-ulang mengandung risiko komplikasi.

Kerugian selain sakit yang dirasakan, Waktu untuk mengasuh bayi berkurang karena dibutuhkan waktu cukup lama untuk pulih dari operasi. Apabila infeksi menyebar sampai rahim, maka menyebabkan seorang ibu kesulitan untuk hamil lagi.

Risiko yang potensial untuk Operasi Caesar pada Wanita adalah Abnormal Placentation (terjadi pada 1 dari 2.500 kehamilan) atau placenta accreta. Risiko-risiko lain dari operasi caesar yang berulang adalah:

- Rahim pecah (uterine rupture)

Ini Resiko ini terjadi karena bekas luka di rahim lebih mudah robek atau hancur. Untuk perempuan yang mengalami kondisi ini, bayi yang dikandungnya berisiko mengalami kematian 10 kali lebih tinggi.

- Adhesi dan jaringan parut

Risiko infeksi biasanya terjadi pada luka jahitan bekas sayatan pada tujuh lapisan jaringan perut. Meskipun banyak infeksi pasca operasi caesar tidak serius, namun bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Infeksi minor ini tetap menyebabkan sakit dan ada kemungkinan akan mempengaruhi jaringan perut yang lebih dalam. Sehingga tentu Infeksi yang lebih serius membutuhkan perawatan lebih lama di rumah sakit.

- Plasenta Previa

Melahirkan dengan operasi caesar lebih dari satu kali akan membuat letak plasenta terlalu dekat dengan leher rahim. Sehingga apabila leher rahim terbuka, akan menyebabkan keguguran dan perdarahan hebat. Perdarahan sangat banyak dapat mengakibatkan anemia atau ibu memerlukan transfusi darah.

- Placenta Accreta

Kelainan ini terjadi apabila tempat menempel plasenta terlalu dalam di dinding rahim. Bekas luka operasi caesar dapat meningkatkan risiko ini. Kondisi ini kemungkinan bisa melibatkan kerusakan pada rahim atau organ lainnya sehingga menyebabkan perdarahan.

Bahaya lain yang cukup menakutkan adalah apabila perempuan sudah melakukan empat kali operasi Caesar, maka Risiko Histerektomi (pengangkatan rahim) hampir lima kali lebih tinggi,. Sedangkan Risiko transfusi darah juga lebih tinggi apabila Perempuan sudah menjalani enam kali operasi Caesar.

Tips Menghindari Operasi Caesar pada Wanita

Pada dasarnya Indikasi medis yang mengharuskan dilakukan operasi caesar adalah karena kehamilan kembar, ibu menderita tekanan darah tinggi, atau diabetes. Namun pada kenyataannya di berbagai Negara, ditemukan kecenderungan wanita lebih memilih bedah caesar dengan alasan takut dengan proses persalinan normal. 

Padahal, menurut penelitian hanya satu dari sepuluh Wanita yang memang menderita tokophobia atau sangat takut melahirkan. Dan Sembilan diantaranya hanya mengalami fobia irasional atau rasa trauma dengan persalinan. Untuk anda yang mengalami kecemasan sebelum melahirkan, disarankan untuk dilakukan konseling sehingga ibu lebih tenang.

Summary:
  • Banyak yang belum mengetahu banyaknya resiko dan bahaya operasi Caesar pada Wanita,
  • Operasi Caesar yang dilakukan lebih dari 3 Kali akan berdampak buruh bagi Ibu yang akan melahirkan lagi,
  • Menghindari Operasi Caesar karena ketakutan bisa di atasi dengan melakukan konsultasi dengna Dokter.

Post a Comment for "Operasi Caesar pada Wanita Merugikan Kesehatan"