Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Pengobatan Keloid Operasi Caesar

Pengobatan Keloid Operasi Caesar
Keloid adalah kondisi kulit yang membentuk benjolan padat berwarna kecoklatan atau kemerahan, sebagai akibat pertumbuhan berlebihan jaringan fibrosa setelah terjadinya penyembuhan luka. Tekstur Keloid kenyal seperti karet, licin dan terasa gatal. Keloid disebabkan karena adanya proses peradangan pada kulit, karena luka bekas suntikan, jerawat atau operasi.

Pengobatan Keloid dengan Suntikan Antikeloid

Suntikan antikeloid memang tidak selalu diberikan kepada wanita setelah menjalani operasi cesar. Hal ini disebabkan banyak wanita yang tidak mengetahui bahwa dirinya beresiko tinggi terkena Keloid.  Mereka baru sadar ketika bekas lukanya berubah menjadi keloid yang sangat mengganggu penampilan dan kadang terasa sakit.

Sebelum melakukan operasi cesar, biasanya dokter akan menanyakan apakah anda memiliki riwayat keloid atau tidak. Apabila tidak, bukan berarti Anda tidak diperbolehkan mendapatkan suntikan antikeloid. Karena sebagai upaya pencegahan, Suntikan Anitikeloid tetap bisa dilakukan, untuk mencegah bekas luka bedah cesar menjadi Penyebab Keloid. Pada beberapa kasus wanita yang mempunyai riwayat keloid, jika dilakukan secara cepat dan tepat, keberhasilan suntikan antikeloid cukup tinggi. Sehingga bekas operasi cesar hanya berupa garis seperti pada umumnya.

Waktu Penyuntikan Antikeloid

Dokter kandungan yang melakukan operasi Caesar kepada anda akan memberikan suntikan antikeloid setelah pengaruh obat bius hilang, yaitu antara 4 hingga 6 jam atau ketika kondisi pasien sudah pulih dan tidak lemah. Suntikan Antikeloid dapat dilakukan maksimal sebulan setelah operasi Caesar sehingga didapatkan hasil yang maksimal.

Teknik Baru Pengobatan Keloid

Seiring perkembangan teknologi Pengobatan Keloid dengan cara Penyuntikan Antikeloid kurang diminati karena rasa sakit yang tinggi. Banyak pasien yang lebih memilih cara yang lebih efektif dan tidak menyiksa pasien, Yaitu dengan suntik keloid supralesi. Teknik penyuntikan ini adalah dengan, posisi suntikan jarum tidak tegak lurus masuk ke dalam massa keloid, namun hampir sejajar dengan permukaan kulit, di atas lesi sehingga dalam suntikan hanya 2 hingga 3 mm di bawah kulit. Setiap jarak 0,5 cm diperlukan 0,1 ml obat, sehingga keloid yang panjang atau lebar memerlukan beberapa kali proses suntikan. 

Rasa nyeri, gatal, dan panas biasanya akan hilang pada suntikan kedua. Hal ini akan diikuti hilangnya Benjolan keloid. Namun bagian kulit yang mengilap memang lebih sulit untuk dihilangkan. Sedangkan untuk keloid pascabedah caesar, diperlukan beberapa kali suntikan dengan rentan waktu seminggu sekali atau sesuai saran dokter yang menangani. Sedangkan bagi wanita dengan luka bekas Operasi Caesar sudah terlanjur menjadi keloid dengan ketebalan 2 hingga 4 mm diperlukan 10 sampai 15 kali suntikan.

Ringkasan:

  • Bekas Luka Operasi Caesar biasanya akan menimbulkan Keloid yang akan mengganggu penampilan,
  • Keloid bisa dicegah dan diobati dengan Penyuntikan Antikeloid dan suntik keloid supralesi,

Post a Comment for "Penyebab dan Pengobatan Keloid Operasi Caesar"