Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diet Sehat Ibu Menyusui untuk Menjaga Produksi ASI


Gambar Diet Sehat Ibu Menyusui
Diet Sehat Ibu Menyusui adalah dengan cara mengurangi kalori makanan tidak dianjurkan, dengan tujuan tidak mempengaruhi jumlah dan kualitas ASI yang dihasilkan untuk buah hati anda. Proses Kehamilan sering memicu berat badan ibu meningkat, melebihi batas indeks masa tubuh yang ideal. Dan untuk mengatasi agar kesehatan tetap terjaga, tentu dengan cara menurunkan berat badan hingga mencapai ideal.

Bagi sebagian Ibu Menyusui, Diet mungkin menjadi hal cukup sulit. Hal ini dikarenakan agar kualitas dan Jumlah ASI tetap terjamin ibu menyusui harus menambah asupan sekitar 300 kkal per hari.

Namun Bagi anda yang ingin melakukan Diet Sehat saat Menyusui dengan aman tanpa mengurangi jumlah dan Kualitas ASI bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Konsumsi lebih banyak karbohidrat kompleks, sayur, buah, lemakskim, dan sumber protein rendah lemak, disertai dengan minum air putih yang cukup. Anda juga bisa mengkonsumsi susu skim atau susu low fat, ikan, telur, tahu, tempe, daging ayam tanpa kulit, dan jenis makanan dari kacang-kacangan.
  • Jangan mengkonsumsi makanan cepat saji.
  • Makanlah dalam porsi kecil namun sering (waktu makan dalam satu hari 6 kali, dengan 3 kali makanan utama berupa sarapan - makan siang - makan malam dan 3 kali berupa makanan ringan atau cemilan sehat lainnya).
  • Hindari stress dengan bermain bersama si kecil atau mengajaknya berjalan-jalan sehingga membantu pembakaran kalori pada tubuh gendut anda.
  • Menyusui bayi sampai usia 2 tahun, membantu produksi hormon yang dapat membantu mengembalikan bentuk tubuh dan menurunkan berat badan yang ideal. Saat menyusui tubuh membakar kalori sekitar 300-500 kkal/hari. Hal ini sama dengan ketika anda bersepeda selama satu jam.
  • Lakukan Olahraga selesai menyusui. dan agar aktifitas olahraga ada nyaman, gunakan saja pakaian yang memang khusus didesain untuk ibu yang sedang menyusui.
  • Metode Olahraga saat menyusui bisa dimulai dengan berjalan santai sambil menggendong bayi. Apabila bayi anda sudah bisa ditinggal beraktifitas, anda juga bisa bersepeda, berenang atau olahraga lain yang anda senangi.

Diet Sehat Ibu Menyusui yang terakhir adalah dengan Lakukan olahraga dengan teman atau tetangga anda, sehingga tidak menimbulkan anda tidak cepat bosan. Perhatikan juga asupan sir selama olahraga, jangan sampai kekurangan.

Ringkasan:
  • Diet Sehat Ibu Menyusui harus tetap memberikan Asupan sekitar 300 kkal per hari,
  • Nutrisi yang cukup saat menyusui akan menjaga jumlah dan kualitas ASI,
  • Olahraga Ringan saat hamil akan membantu penurunan berat badan yang dilakukan.

Post a Comment for "Diet Sehat Ibu Menyusui untuk Menjaga Produksi ASI"