Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bayi Sembelit karena Salah Gerakan Pemijatan Bayi

Gerakan Pemijatan Bayi yang Benar
Penyebab Bayi Sembelit bisa beragam, dan salah satunya adalah kesalahan saat pemijatan Bayi, baik oleh orangtua, tukang pijit bayi atau bidan. Pijat bayi pada balita memang mempunyai banyak manfaat, bukan sekadar lebih mendekatkan ikatan batin orang tua dengan bayi. Salah satu contoh, pemijatan bayi secara lembut di sekitar area perut dan tulang ekor ke arah rektum, bisa memudahkan bayi buang air besar. Namun, apabila gerakan yang dilakukan salah, malah bisa membuat bayi sembelit. Pola BAB Bayi tidak sama ada yang sampai satu minggu sekali masih dianggap wajar.

Memijat bayi sambil menghangatkan tubuh bayi dengan minyak telon bisa membantu melancarkan pencernaan karena berpengaruh ke kolon. Adapun gerakan pijatan untuk melancarkan pencernaan bayi yang tepat, dilakukan dengan lembut tanpa banyak tekanan. Gerakan ini dimulai dari dada kiri ke arah perut bawah (membentuk seperti huruf 'I'), yang dilakukan sebanyak enam kali.

Untuk selanjutnya, gerakan pijatan membentuk seperti huruf 'L' terbalik, yaitu dari dada kanan ke dada kiri turun ke perut bawah kiri, dan gerakan ini dilakukan berulang selama enam kali. Gerakan Pemijatan Bayi yang terakhir, adalah gerakan pijatan menyerupai huruf 'U' terbalik, yang dimulai dari perut bawah sebelah kanan naik ke dada lalu ke arah perut bawah kiri.

Gabungan ketiga pijat bayi tersebut mirip menuliskan kata ‘I Love U’. Gerakan pijatan Bayi mengikuti alur kolon membantu mendorong kotoran ke anus. Dan apabila gerakan pemijatan tidak tidak mengikuti arah kolon atau tidak membentuk L terbalik, maka kotoran di dalam kolon bayi  justru bisa terdorong ke atas dan menyebabkan sembelit atau Bayi Sulit Buang Air Besar.

Gerakan yang diulang enam kali juga bertujuan untuk mencegah sembelit, Namun apabila ingin membangun kedekatan orangtua dengan bayi, pengulangan pijatan bisa dilakukan lebih dari enam kali. Sedangkan gerakan pijatan di bagian belakang tubuh bayi untuk mencegah sembelit dilakukan dari arah tulang ekor ke rektum. Selain membantu melancarkan pencernaan, Gerakan Pemijatan Bayi ini juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah bayi.

Pemijatan Bayi juga perlu dilakukan orangtua dengan sepenuh hati, karena apabila dilakukan dengan sekadarnya, bayi bisa merasakannya dan manfaat pijatan menjadi tidak maksimal. Memang belum ada penelitian yang membuktikan teknik pijat bayi ini bisa mengatasi sembelit, atau apabila gerakan yang dilakukan salah bisa menyebabkan sembelit. Namun, fakta empiris menunjukkan dampak pijatan terhadap kebiasaan buang air bayi yang baru lahir.

Ringkasan:
  • Gerakan Pemijatan Bayi yang mampu mencegah Sembelit membentuk kata I Love U dengan gerakan ke arah Kolon bayi,
  • Gerakan Pijat bayi yang salah, tidak kea rah kolon bisa menyebabkan bayi sembelit atau bayi sulit Buang Air Besar,
  • Pemijatan Bayi yang dilakukan oleh Orangtua dengan sepenuh hati juga mampu meningkatkan ikatan batin antara keduanya.

Post a Comment for "Bayi Sembelit karena Salah Gerakan Pemijatan Bayi"