Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Air Putih untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

Air Putih memang memberikan manfaat yang banyak untuk tubuh, namun hal ini berbanding terbalik apabila diberikan untuk Bayi di usia 0-6 bulan. Hal ini perlu diketahui, karena sampai saat ini banyak orang tua yang memberikan air putih kepada buah hatinya padahal masih berusia dibawah 6 bulan. Baik itu setelah menyusui atau di waktu-waktu yang lain. Padahal memberikan air putih dapat memberikan efek buruk terhadap kesehatan bayi, yang diantaranya:
  • Infeksi Bakteri, sangat mungkin terjadi pada bayi karena pemberian air putih kepadanya. Gejala Infeksi bakteri adalah bayi sering BAB, hingga belasan atau bahkan puluhan kali dalam sehari. Feses biasanya juga mengandung darah yang diakibatkan dari asupan air putih yang diberikan kepadanya, dan akan lebih parah apabila perlengkapan minumnya tidak higienis.
  • Ganggu Otak Bayi, disebabkan karena ginjal bayi belum berfungsi dengan baik, sehingga apabila mengkonsumsi air putih, air seni akan membawa elektrolit dalam darah yang sebenarnya berguna untuk tubuh bayi. Apabila terlalu banyak elektrolit yang terbuang maka bayi bisa mengalami kejang, gangguan pada oragan jantung, ginjal atau paru-paru, temasuk otak, maka aktivitas otak bayi. Gejala adanya gangguan tersebut adalah suhu tubuh bayi rendah hingga bayi mengalami kejang-kejang.
  • Merusak Ginjal, dikarenakan bayi 0-6 bulan belum mempunyai fungsi ginjal yang sempurna. Ginjal berfungsi untuk mengatur asupan cairan masuk dengan yang dikeluarkan oleh tubuh. Sebagai contoh apabila seseorang banyak minum, maka dia akan sering berkemih, atau pada saat cuaca dingin, seseorang akan lebih sering buang air kecil. Sebaliknya, pada cuaca panas seseorang akan lebih jarang buang air kecil. Namun pada bayi umur 0-6 bulan, fungsi ginjal tersebut belum sempurna sehingga tubuh bayi bisa kelebihan air, karena cairan yang masuk tidak bisa diseimbangkan dengan yang dikeluarkan.
  • Keracunan pada bayi 0-6 bulan karena minum air putih mungkin terjadi. Hal ini diungkapkan oleh Penelitian Dr. Jennifer Anders dari john Hopkins Children's Center di Baltimore Amerika Serikat yang telah membuktikan, bahwa pemberian air pada bayi di bawah enam bulan dapat mengakibatkan keracunan (intoksikasi). Hal ini diakibatkan karena ginjal bayi belum berfungsi sempurna. Air putih yang diminum oleh bayi akan melepaskan sodium (mineral yang dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh). Sehingga apabila sodium dalam tubuh bayi sangat kurang, bayi akan mengalami gejala keracunan seperti suhu tubuh rendah, wajah bengkak dan bahkan kejang-kejang. Sehingga bayi yang minum ASI tidak perlu mengonsumsi air putih lagi.
Ringkasan:
  • Bahaya Air Putih untuk Bayi Usia 0-6 Bulan adalah Infeksi Bakteri, Ganggu Otak Bayi, Merusak Ginjal dan Keracunan,
  • Gangguan Kesehatan akibat pemberian air putih pada bayi disebabkan karena fungsi ginjal yang belum sempurna.

Post a Comment for "Bahaya Air Putih untuk Bayi Usia 0-6 Bulan"