Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening yang Mematikan

Kanker Kelenjar Getah Bening
Kanker Kelenjar Getah Bening atau limfoma adalah kanker salah satu jenis kanker ganas yang menyerang sistem limfatik. Sistem limfatik adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh dan bertugas berfungis untuk membentuk pertahanan alamiah tubuh melawan infeksi dan kanker yang masuk ke tubuh manusia. Sistem limfatik terdiri dari cairan mirip seperti susu mengandung protein lemak dan limfosit yang mengalir ke seluruh tubuh melalui pembuluh limfatik.

Adapun Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening adalah terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening pada leher, ketiak, atau pangkal paha. Kanker Kelenjar Getah Bening dibagi menjadi 2 yang diantaranya adalah:

Hodgkin's adalah jenis Kanker Kelenjar Getah Bening yang ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening dan limpa tanpa disertai rasa sakit. Jenis Kanker ini sangat progresif pada beberapa jaringan limfoid dan pertumbuhan abnormal sel terjadi secara cepat. Resiko terkena kanker getah bening jenis Hodgkin's, adalah:
  • Pria dan wanita berusia 15-38 tahun dan usia di atas 50 tahun.
  • Manusia yang mempunyai kelainan dalam fungsi sistem kekebalan seluler tubuh (sel-T) meskipun produksi antibodi normal.
Adapun Gejala kanker getah bening jenis Hodgkin's, adalah:
  • Terjadi pembengkakan menyeluruh pada system kelenjar getah bening di Leher, ketiak, dan lipat paha (namun tidak terasa nyeri).
  • Mengalami demam, berkeringat pada malam hari, nafsu makan berkurang sehingga berat badan menurun.
  • Beberapa kaus menyerang dada sehingga menyebabkan gangguan pernafasan.
Setelah berkembang, sel-sel abnormal kanker Hodgkin's akan menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya dan mulai menyerang paru-paru, hati, dan organ-organ abdominal dalam tubuh pasien.

Non-Hodgkin adalah jenis kanker ganas yang berasal dari limfonodus dan jaringan limfa lainnya, dengan gejala sebagai berikut:
  • Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening.
  • Terjadi pembesaran tonsil dan kelenjar adenoid, limfonodus di leher dan sekitarnya sehingga terlihat menjadi kemerahan.
  • Limfoma yang berkembang menunjukkan gejala demam, berkeringat pada malam hari, cepat lelah, dan berat badan menurun.
Kanker kelenjar getah bening Non-Hodgkin lebih sering terjadi pada pria terutama berusia di atas 50 tahun, dan semakin tua usia seseorang akan semakin tinggi resiko terkena limfoma.

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening sampai saat ini belum diketahui secara pasti, namun ada empat kemungkinan yaitu faktor keturunan, kelainan sistem kekebalan, infeksi virus atau bakteri dan toksin lingkungan (pewarna kimia, herbisida dan pengawet), Kurang olahraga, Kurang minum air putih, Konsumsi alcohol, Gaya hidup tidak sehat, dan Merokok.

Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening 

Pengobatan limfoma atau Kanker Kelenjar Getah Bening bisa dilakukan dengan kemoterapi. Obat kemoterapi disuntikkan ke dalam pembuluh darah di tangan atau berupa pil yang harus ditelan. Pengobatan ini diberikan pada interval yang diatur untuk membunuh sel-sel kanker dan memungkinkan tubuh untuk pulih. Obat-obat kemoterapi akan beredar ke seluruh tubuh sehingga mencapai sel-sel kanker bahkan ketika sel-sel kanker tersebut menyebar.

Terapi radiasi juga bisa dilakukan untuk Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening. Pengobatan ini terlokalisasi menggunakan sinar energi tinggi untuk membunuh sel-sel limfoma baik itu di kelenjar getah bening di leher, dada dan di bawah kedua ketiak. Terapi ini juga dapat dikombinasikan dengan kemoterapi atau dilakukan sendiri. Tahap Kanker Kelenjar Getah Bening, apakah itu tumbuh lambat atau agresif menentukan jenis terapi yang diberikan untuk pengobatannya.

Ringkasan:
  • Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening adalah terjadi pembengkakan pada leher, ketiak dan pangkal pada,
  • Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening adalah faktor keturunan, kelainan sistem kekebalan, infeksi virus atau bakteri, toksin lingkungan dan pola hidup tidak sehat,
  • Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening bisa dengan kemoterapi dan terapi radiasi.

Post a Comment for "Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening yang Mematikan"