Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menstruasi tidak Lancar menjadi Gejala Kanker Ovarium

Siklus Menstruasi tidak teratur
Menstruasi tidak Lancar pada wanita bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti kelelahan, stress atau adanya kelainan hormon. Namun apabila gangguan menstruasi ini terjadi terus menerus dalam jangka panjang, maka anda sebagai wanita perlu mencurigai adanya risiko kanker ovarium pada diri anda. Hal ini dikarenakan keduanya mempunyai hubungan yang berpengaruh.

Pernyataan ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh Public Health Institute, Berkeley, California, yang menemukan bahwa wanita dengan siklus tidak teratur memiliki risiko kanker ovarium dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan wanita dengan siklus menstruasi teratur. Wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur, termasuk mereka dengan kondisi sindrom ovarium polikistik, termasuk dalam kelompok wanita yang sebaiknya menjalani penapisan (skrining) kanker ovarium.

90 % wanita yang menderita kanker ovarium tidak mengerti faktor risiko yang mengancam jiwanya, sehingga diharapkan penelitian ini membantu menjelaskan faktor risiko kanker ovarium sekaligus solusi pencegahannya mekanisme penelitian yang dilakukan mengenai kanker ovarium ini cukup sederhana, yaitu memantau kebiasaan wanita seperti minum pil KB pada wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur yang mungkin dapat mengurangi risiko kanker ovarium.

Anda tentu mengetahui bahwa Kanker ovarium merupakan kanker dengan tingkat prevalensi cukup tinggi pada wanita. Data dari rumah sakit di Jakarta pada tahun 2005-2007 menunjukkan, kanker ovarium menempati urutan ketiga, sebagai kanker yang paling sering ditemukan pada wanita setelah kanker payudara dan kanker serviks.

Penelitian baru melibatkan lebih dari 14.000 wanita yang ikut serta dalam Kaiser Permanente Health Plan di Alameda, California antara tahun 1959 dan 1967. Semua wanita tersebut diikuti 50 tahun kemudian hingga meninggal. Diantara mereka paling tidak mempunyai satu anak dan tidak ada yang menggunakan obat penambah kesuburan.

Siklus Menstruasi tidak teratur memiliki beberapa definisi; yang pertama, siklus menstruasi yang lebih panjang dari 35 hari meskipun jadwalnya teratur. Yang kedua, jadwal siklus menstruasi yang tidak dapat diprediksi setiap bulannya. Dan yang ketiga, adalah ketika seorang wanita tidak berovulasi. Dan Kebanyakan wanita berusia 26 mulai melaporkan memiliki siklus menstruasi yang tidak lagi teratur. Sindrom ovarium polikistik merupakan penyebab umum siklus menstruasi tidak teratur. Dan umumnya disebabkan oleh gangguan hormone.

Ringkasan:
  • Siklus Menstruasi yang tidak teratur disebabkan oleh kelelahan, stress, dan kelainan hormone,
  • Gejala Kanker Ovarium tahap awal adalah didapatkan siklus menstruasi yang tidak teratur,
  • Kanker Ovarium di Jakarta menempati urutan ketiga paling tinggi pada wanita setelah kanker payudara dan kanker leher rahim.

Post a Comment for "Menstruasi tidak Lancar menjadi Gejala Kanker Ovarium"