Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Mengatasi Anak Susah Makan
Anak Susah Makan memang menjadi permasalahan yang paling sering terjadi. Namun anda memang tidak perlu khawatir yang berlebihan, dan segera cari penyebab dan solusinya. Memang banyak faktor yang mempengaruhi seorang anak susah makan, baik itu dari anak atau faktor dari luar. Faktor anak sulit makan yang disebabkan karena faktor anak itu sendiri adalah dalam kondisi sakit, akan tumbuh gigi, bosan, atau karena faktor psikologis.

Sedangkan apabila anak sulit makan yang disebabkan karena faktor dari luar, anda bisa memberikan perhatian yang lebih pada anak di saat mereka makan, menjadikan waktu makan menjadi lebih menyenangkan bagi anak, dan memberikan variasi makanan yang lebih banyak.

Kreativitas orang tua agar anak anda lebih mudah makan, bisa dilakuan dengan beberapa langkah sebagai berikut:
  1. Menjadikan waktu makan anak sebagai moment yang selalu ditunggu-tunggu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melibatkan anak ketika memasak. mengajak anak makan sambil menonton film kesukaan mereka,
  2. Variasikan menu makan bayi dengan teknik mengolah dan penyajian makanan buah hati anda. Seperti membentu makanan dibentuk seperti sushi, arem-arem. Anda juga bisa mengganti nasi dengan roti tawar yang disajikan dengan bentuk binatang dll. Bagi anak yang tidak suka sayur, bisa menyembunyikan sayuran ke dalam bahan makanan lain, atau diolah dalam bentu makanan ringan.
  3. Menciptakan suasana seru dan rileks bila saat anak makan dan di tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang baik. Anda harus bersabar dan senantiasa memberikan semangat agar anak anda menghabiskan makanannya. Hampir semua anak membutuhkan waktu agak lama untuk makan.
Saat memberikan makanan kepada anak, sebaiknya anda menghindari hal-hal sebagai beriut:
  1. Melupakan jadwal pemberian makan anak,
  2. Memberikan camilan atau snack (coklat, minum susu, jajan pasar) yang mengenyangkan sebelum jadwal makan,
  3. Memberikan camilan tidak sehat kepada anak terlalu banyak,
  4. Memaksa anak untuk menghabiskan makanan, apalagi disertai dengan ucapan kasar dan ancaman,
  5. Mengancam atau menghukum anak saat tidak mau makan,
  6. Memberikan makanan anak sambil mengerjakan, karena anak akan merasa tidak diperhatikan dan tidak ada yang mengawasinya, 
  7. Apabila anak tidak mau makan, jangan memberikan suplemen berlebihan kepada anak,
  8. Usahakan waktu memberikan makan anak sama dengan anggota keluarga yang lain, sehingga akan terbiasa sampai dewasa menjadi kebiasaan,
Semoga Tips Mengatasi Anak Susah Makan tersebut diatas dapat bermanfaat, sehingga anak anda akan tumbuh maksimal dan lebih cerdas. Karena nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan otak terpenuhi secara keseluruhan.

Ringkasan:
  • Saat Anak Susah Makan anda harus segera mencari penyebab dan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut,
  • Waktu makan anak sebaiknya sesuai dengan jam makan anggota keluarga yang lain,
  • Tips Mengatasi Anak Susah Makan adalah dengan memberikan makanan yang bervariasi, suasana makan yang nyaman.

Post a Comment for "Tips Mengatasi Anak Susah Makan"