Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Senam Kegel Untuk Ibu Hamil

Latihan Senam Kegel Untuk Ibu Hamil
Manfaat Senam Kegel pada awalnya dikenal untuk mengatasi ketidakmampuan menahan pipis (inkotinensia) pada wanita. Gangguan kesehatan ini sering terjadi setelah persalinan, namun bisa juga disebabkan karena sebab lain. Senam ini bisa mengatasi inkotinensia karena dapat melatih atau menguatkan otot-otot dasar panggul (pelvic floor muscle). Senam Kegel masuk dalam salah satu gerakan senam hamil, karena dapat membantu, persalinan normal lebih mudah.

Selain untuk mengatasi ketidakmampuan menahan pipis pada wanita, Manfaat senam kegel juga sebagai kesehatan hubungan suami isteri. Hal ini dikarenakan sehat dan kuatnya otot-otot dasar panggul memegang peranan dalam orgasme wanita. Selain dilakukan pada wanita, pria juga bisa melakukan gerakan senam kegel untuk membantu mengendalikan ejakulasi (long lasting).

Apabila Senam Kagel dilakukan pada saat nifas, dapat membantu atau mempercepat penyembuhan luka robekan perineum (apabila ada). Sedangkan apabila dilakukan oleh ibu hamil, dapat memberikan manfaat besar yang diantaranya adalah:
  • Mencegah robeknya perineum,
  • Mengurangi resiko urinasi seperti inkontinensia (ketidakmampuan menahan pipis) setelah persalinan,
  • Mengurangi resiko hemoroids (ambein) pada wanita,
  • Mempermudah proses persalinan, karena gerakan senam kegel dapat memperkuat otot dan lebih terkendali.
Gerakan Senam Kegel

Sebelum melakukan Senam Kegel, anda harus mengenali otot dasar panggul yang benar (yang akan dilatih) yaitu ototpubo-coccyygeus. Adapun latihan senam kegel dapat dengan menyetop pipis saat sedang pipis lalu pipis lagi (Stop and Go). Atau dengan cara memasukkan jari ke dalam vagina, lalu lakukan gerakan menahan pipis, apabila jari terasa terjepit maka itulah otot yang akan digerakkan atau dilatih.

Setelah anda mengetahui bagian otot mana yang akan dilatih, maka gerakkan otot tersebut selama 3 – 10 detik setelah itu lemaskan. Lakukan gerakan ini 10-20 kali atau atau akan lebih baik dilakukan sampai terasa capek. Lakukan latihan ini minimal 3 kali sehari. Dan bisa dilakukan dimana saja, baik itu saat sedang duduk di kantor, di mobil, di bus, saat menunggu diruang tunggu praktek dan tempat-tempat lainnya. Bernafaslah secara normal dan jangan sampai kaki, bokong dan otot perut bergerak selama melakukan senam kegel ini.

Ringkasan:
  • Pada awalnya Senam Kegel bertujuan untuk ketidakmampuan menahan pipis pada wanita,
  • Gerakan Senam Kegel adalah dengan melatih otot dasar panggul dengan mengencangkan dan mengendorkan,
  • Manfaat Senam Kegel pada itu hamil adalah mempermudah proses persalinan, karena dapat memperkuat otot dan lebih terkendali.
Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA

Post a Comment for "Manfaat Senam Kegel Untuk Ibu Hamil"