Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Obat Batuk Bayi Usia 6 Bulan yang Alami

Obat Batuk Bayi Usia 6 Bulan
Obat Batuk Bayi Usia 6 Bulan sering membuat bingung para orang tua, karena tidak boleh sembarangan memberikan obat batuk yang dijual dipasaran. Dan memang bayi rentan terkena penyakit terutama sakit batuk. Hal ini dikarenakan penularan virus penyebab batuk sangat cepat, dan sistem kekebalan tubuh bayi belum baik sehingga bayi mudah tertular. Dan apabila batuk dibiarkan saja bisa berbahaya untuk tubuh bayi.

Bayi yang menderita batuk harus segera diobati, dan pengobatan awal yang sebaiknya dilakukan tentu dengan cara alami. Namun apabila setelah menggunakan obat tradisional tidak juga menunjukan perkembangan, maka segera periksakan ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan perawatan medis.

Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Obat kimia dari dokter penyembuhannya lebih cepat dan tidak perlu untuk membuat ramuan, namun bisa menimbulkan efek samping, atau bahkan virus penyebab batuk akan lebih kebal untuk pengobatan selanjutnya. Sedangkan dengan cara tradisional, penyembuhan batuk pada bayi bisa sedikit lebih lama namun dengan resiko berbahaya kecil dan bayi anda akan lebih kebal terhadap serangan batuk.

Adapun ramuan obat batuk tradisional untuk bayi adalah sebagai berikut:

Ramuan Jeruk nipis dan madu untuk Obat Batuk Bayi

  • 3 sendok makan air jeruk nipis
  • 4 sendok makan madu murni
  • 4 sendok makan air matang
Cara membuat adalah dengan mencampurkan ketiga bahan tersebut, lalu dikukus selama 10-15 menit, dan diberikan pada bayi berusia 7-11 bulan sebanyak 1 sendok makan dengan waktu 2-3 kali sehari.

Ramuan Kunyit untuk Obat Batuk Bayi

Selain untuk bumbu masak, kunyit juga bisa digunakan untuk obat batuk tradisional untuk bayi. Adapun cara yang bisa digunakan adalah cukup mengoleskan bubuk kunyit ke payudara ibu sebelum memberikan ASI. Atau bisa dicampurkan bubuk kunyit pada susu, yang diberikan dua kali sehari.

Minyak pijat sebagai obat batuk bayi adalah dengan menggunakan sebagai lumuran saat memijat bayi. Adapun minyak pijat yang bisa digunakan adalah minyak kayu putih, peppermint, maupun rosemary. Dengan memijat bagian punggung, dada dan kaki bayi, diharapkan dapat membantu menyembuhkan batuk pada bayi.

Meski Obat Batuk untuk Bayi lebih lama penyembuhannya dibandingkan menggunakan obat dari dokter, namun resiko untuk kambuh lagi akan lebih sedikit. Karena alasan ini tentu sebaiknya anda mulai memilih menggunakan obat-obatan tradisional karena efek samping yang buruk lebih kecil dan juga dengan menggunakan bahan yang alami jauh lebih aman untuk pertumbuhan bayi.

Obat batuk tradisional tersebut sebaiknya diberikan pada bayi usia 6 bulan keatas, karena bayi dengan usia 6 bulan kebawah, masih mempunyai system pencernaan yang belum sempurna. Dan sebagai alternatif, anda bisa lebih sering menjemurnya di pagi hari dan apabila dalam 1 minggu tidak berkurang, segera konsultasikan ke dokter anak terdekat.

Ringkasan:
  • Obat Batuk Bayi Usia 6 Bulan yang Alami yang alami adalah dengan campuran Jeruk nipis dan madu, Kunyit dan Minyak pijat,
  • Obat batuk tradisional sebaiknya diberikan pada bayi usia 6 bulan keatas yang telah mempunyai sistem pencernaan sempurna,
  • Apabila batuk pada bayi berlangsung selama lebih dari satu minggu segera lakukan pemeriksaan ke dokter anda.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA 

Post a Comment for "Obat Batuk Bayi Usia 6 Bulan yang Alami"