Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Kehamilan untuk Penderita Diabetes

Diabetes Kehamilan (Gestational Diabetes) adalah kenaikan gula darah yang terjadi pada ibu hamil. Ganguan kesehatan ini sering membuat para ibu hamil kebingungan dengan pola makan yang harus dilakukan. Bahkan banyak orang yang panik, ketika mengatakan ibu hamil menderita diabetes kehamilan, karena khawatir dapat mengganggu pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Penyakit diabetes saat hamil ini disebabkan oleh placenta menghambat produksi insulin, dan terjadi terhadap 18% dari keseluruhan ibu hamil. Sebenarnya bagi anda yang mengalami gangguan kesehatan ini tidak perlu khawatir, karena kadar gula dalam darah dapat kembali normal, dengan melakukan beberapa tips sehat dibawah ini:
  • Membagi makanan menjadi porsi-porsi kecil dan makan dilakukan secara bertahap, namun teratur. Lebih baik apabila ibu hamil makan 5-8 kali sehari dengan porsi kecil. Dengan cara ini, maka kadar gula darah akan naik sedikit demi sedikit dan tidak mengalami lonjakan yang berarti. Makan dengan porsi kecil juga dapat mencegah rasa mual saat ibu hamil makan.
  • Mengkonsumsi makanan sehat dengan melebihkan sayuran dan buah penting dilakukan oleh ibu hamil. Makanan sehat sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan.
  • Menghitung asupan karbohidrat dan gula yang masuk saat ibu hamil mengalami gestational diabetes (Diabetes Kehamilan). Karbohidrat yang dikonsumsi akan dipecah menjadi glukosa di dalam tubuh, sehingga apabila berlebihan dikhawatirkan kadar gula dalam darah akan naik. Ibu Hamil bisa mencari informasi tentang hitungan karbohidrat atau Carb Count dari dokter atau ahli gizi di rumah sakit terdekat dari rumah anda..
  • Mencukupi kebutuhan cairan agar kadar gula darah dapat terkontrol. Namun tentu, anda harus menghindari minuman manis atau dengan gula tambahan. Akan lebih beik apabila ibu hamil minum air putih 8 gelas sehari, agar racun dalam tubuh terbuang dan kadar gula dalam darah tetap normal.
Tips-tips diatas merupakan pertolongan pertama untuk ibu hamil yang mengalami diabetes atau kenaikan kadar gula dalam darah. Apabila setelah melakukan tips-tips diatas, kadar gula darah ibu hamil masih tidak terkontrol, maka segera berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui aturan pola makan Ibu Hamil dan mengecek kondisi kesehatan janin.

Ringkasan:
  • Diabetes kehamilan atau Gestational diabetes menyerang 18% ,
  • Kenaikan kadar Gula Darah (Diabetes) pada ibu hamil disebabkan karena placenta menghambat produksi insulin dalam tubuh,
  • Menjaga pola makan dan minum menjadi kunci menormalkan gula darah ibu hamil.
Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Tips Kehamilan untuk Penderita Diabetes"