Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Pendarahan Tidak Normal Setelah Persalinan

Darah Nifas yang Normal
Setelah Persalinan, semua wanita tentu akan mengeluarkan darah (darah nifas), karena jumlah darah yang ada di dalam tubuh juga telah meningkat sekitar 50% selama hamil, maka tubuh wanita setelah persalinan sudah siap ketika harus mengeluarkan darah secara normal setelah persalinan.

Darah Nifas (darah setelah persalinan) terjadi, karena saat plasenta memisahkan diri dari uterus, ada beberapa pembuluh darah yang terputus mulai mengeluarkan darah ke area uterus. Setelah plasenta keluar dari vagina, maka uterus akan terus berkontraksi sehingga pembuluh darah menjadi tertutup dan pendarahan yang terjadi akan terus berkurang. Meski anda menjalani persalinan caesar, darah nifas tetap akan keluar sampai luka bekas operasinya dijahit.

Setelah persalinan, biasanya Dokter, perawat atau bidan akan memberikan pijatan pada bagian uterus dan memberikan oxytocin sintetis (pitocin-untuk merangsang kontraksi) untuk mempercepat keluarnya uterus. Hal ini juga akan dibantu saat proses menyusui (inisiasi dini menyusui), untuk merangsang rahim untuk berkontraksi untuk mengeluarkan plasenta.

Keluarnya darah setelah persalinan yang normal, akan semakin berkurang tiap hari, dan hampir habis sekitar dua atau empat hari setelah melahirkan. Dan sekitar 10 hari setelah persalinan, seharusnya anda hanya mendapatkan cairan yang berwarna putih atau putih kekuningan dalam jumlah yang sedikit. Cairan ini biasanya terdiri dari sel darah putih dan sel-sel yang berasal lapisan rahim. Namun pada masa ini, ibu hamil juga harus mewaspadai terjadinya pendarahan tidak normal cenderung berlebihan (Lochia).

Mengatasi lochia Setelah Persalinan


Keluarnya lochia yang normal akan semakin sedikit dari hari ke hari sebelum benar-benar berhenti. Proses ini biasanya berlangsung selama 2 sampai 4 minggu, dan akan terjadi lebih lama apabila wanita mengkonsumsi pil pengontrol kehamilan atau menggunakan KB suntik.

Apabila anda mengalami Lochia setelah persalinan maka atasi dengan cara:
  • Lebih sering buang air kecil,
  • Istirahatlah yang cukup dan mengurangi aktifitas fisik.
  • Apabila darah yang keluar semakin banyak, berwarna merah terang, berbau busuk atau diikuti dengan demam atau panas dingin maka segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.
Ringkasan:
  • Darah Nifas akan berkurang seiring dengan berlalunya hari setelah persalinan,
  • Darah Setelah persalinan yang keluar secara berlebihan disebut lochia,
  • Lochia harus diatasi dengan segera apabila berwarna merah terang, berbau busuk atau diikuti dengan demam atau panas dingin pada wanita pasca persalinan.

Post a Comment for "Mengenal Pendarahan Tidak Normal Setelah Persalinan"