Home » , , , » Tips Mengatasi Masuk Angin pada Ibu Hamil

Tips Mengatasi Masuk Angin pada Ibu Hamil

Penyebab Masuk Angin pada Ibu Hamil
Masuk Angin pada Ibu Hamil memang lebih sering terjadi, karena meningkatnya hormon progesterone dibandingkan saat sebelum hamil. Hal ini dapat membuat jaringan otot rileks, termasuk otot dalam saluran pencernaan ibu hamil. Namun bagi ibu hamil, kondisi ini akan memperlambat proses pencernaan sehingga meningkatkan gas di dalam perut, dan memicu kembung dan sering bersendawa.

Masuk angin pada Ibu Hamil akan tentu menyebabkan kondisi tidak nyaman saat melakukan aktivitas harian dan mengganggu Kesehatan Ibu Hamil. Hal ini diperparah dengan perkembangan rahim yang menyebabkan banyak rongga yang memicu proses pencernaan menjadi terhambat sehingga dapat memicu perut kembung atau masuk angin lebih parah dan menyiksa.

Banyaknya gas di dalam perut saat hamil juga dapat disebabkan karena udara yang masuk saat makan. atau masuknya bakteri ke dalam usus besar melalui makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Tips Mengatasi Masuk Angin pada Ibu Hamil diantaranya adalah dengan mengunyah makanan dengan baik dan tidak berbicara sambil makan, sehingga mengurangi resiko angin masuk ke dalam perut.

Adapun cara lain untuk mencegah masuk angin pada ibu hamil, diantaranya adalah:
  • Ibu Hamil sebaiknya tidak makan dalam jumlah yang banyak karena, akan memicu ibu hamil cepat merasakan kembung. Adapun pola makan ibu hamil yang baik adalah dalam jumlah kecil akan tetapi sering.
  • Hindari makan dan minum yang memiliki kandungan banyak gas (durian, tape, sod, sayur kangkung).
  • Ibu hamil sebaiknya menggunakan pakaian longgar dan nyaman sehingga tidak membuat sesak di perut dan pinggang.
  • Melakukan latihan-latihan yang bermanfaat untuk kesehatan Ibu Hamil dan membantu rileksasi agar lebih mudah bernapas dengan baik. Saat anda bernapas dengan baik, maka akan mempengaruhi jumlah udara yang  ikut tertelan di dalam tubuh.
  • Melakukan olahraga seperti jalan dipagi hari atau senam hamil sehingga dapat membantu pencernaan dan pernapasan dengan baik
Dengan cara-cara diatas, diharapkan keluhan masuk angin atau perut kembung yang sering dialami oleh ibu hamil tidak lagi anda rasakan. Dengan informasi yang tepat dari Tips Kesehatan Keluarga Bunda ini, Masuk Angin pada Ibu Hamil bisa dihindari dengan cara-cara yang mudah, dilakukan dengan aman dan tidak banyak membutuhkan waktu.

Ringkasan:
  • Masuk Angin pada ibu hamil lebih sering disebabkan karena meningkatnya hormon progesterone,
  • Mengatasi Masuk Angin pada Ibu Hamil bisa dilakukan dengan cara sederhana dan dilakukan sendiri dirumah,
  • Pola makan, aktivitas dan olahraga yang tepat pada ibu hamil dapat mengurangi resiko masuk angin.



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger