Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perdarahan Otak Bayi Akibat Salah Pijat

Bahaya Pijat Bayi
Pijat Bayi sudah sejak dahulu dipercaya untuk menjaga kesehatan, merangsang dan memaksimalkan pertumbuhan bayi. Namun apabila pijat bayi dilakukan dengan teknik yang salah, maka justru dapat membahayakan bayi bahkan menyebabkan kematian. Hal ini diperkuat oleh kenyataan di RS Sardjito Yogyakarta, bahwa selama 5 tahun telah ditemukan 6 bayi meninggal karena perdarahan otak akibat kesalahan pijat bayi.

Selain ditemukan kasus meninggal dunia karena salah pijat bayi, di rumah sakit tersebut juga ditemukan puluhan kasus Celebral Palsy atau terganggunya fungsi otak, lumpuh dan gangguan jaringan saraf. Hal ini bukan sekedar isu, karena telah dijabarkan oleh Prof. dr. Sunartini Hapsara SpA (K), di sela acara pelatihan pijat bayi untuk awam yang diselenggarakan rumah sakit tersebut.

Pijat bayi yang benar bermanfaat untuk perkembangan bayi, terlebih apabila pemijatan dilakukan oleh ibu bayi sendiri. Terapi sentuhan dan pijat dari ibu ke buah hati dapat menghasilkan efek; peningkatan pertumbuhan, peningkatan daya tahan tubuh, kecerdasan anak, memperbaiki sirkulasi darah, memperbaiki sirkulasi pernapasan, memperbaiki sirkulasi pencernaan, meningkatkan ikatan batin dan mempengaruhi perkembangan kepribadian anak.

Pijat bayi yang salah adalah ketika kepala bayi juga menjadi obyek pemijatan (meningkatkan resiko pendarahan otak), dan seringkali teknik pemijatan bayi hampir sama dengan pemijatan ibu bayi. Kepala bayi masih sangat lunak, sehingga tidak boleh dipijat. Teknik pijat bayi tentu harus berbeda dengan pijat ibu bayi. Wanita setelah persalinan, dipijat gerakan terbalik dengan mengembalikan posisi kandungan. Nah ternyata banyak tehnik ini juga dilakukan pada bayi, sehingga usus bayi dalam kondisi terpelintir.

Pemijatan bayi memang harus dengan teknik yang benar, sehingga apabila bunda tidak yakin mampu melakukannya, sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli yang memang telah mendapatkan pelatihan pijat bayi yang benar, bukan dilakukan oleh dukun bayi yang banyak dijumpai di kampung-kampung. Bagi Bunda yang ingin menguasai teknik pemijatan bayi yang benar, bisa mengikuti pelatihan yang biasanya diadakan oleh rumah sakit ibu dan anak.

Ringkasan:
  • Pijat bayi tidak boleh dilakukan pada bagian kepala, karena meningkatkan resiko pendarahan otak pemicu kematian,
  • Pijat bayi akan lebih maksimal apabila dilakukan oleh ibu kepada buah hatinya,
  • Pemijatan bayi sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli yang memang telah mendapatkan pelatihan dari tenaga medis.

Post a Comment for "Perdarahan Otak Bayi Akibat Salah Pijat"