Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Sepele Iritasi Kulit Bayi

Penyebab Iritasi Kulit Bayi
Iritasi Kulit Bayi memang sering terjadi, dan bahkan penyebabnya adalah hal-hal sederhana yang tidak disadari oleh pada orang tua. Kulit bayi sangat sensitif dan lembut sehingga orang tua harus hati-hati dalam merawat. Tidak sedikit orang tua yang mencoba-coba berbagai produk perawatan bayi seperti bedak, minyak atau sabun, yang ternyata tanpa disadari menjadi penyebab kulit bayi iritasi.

Pemberian kosmetik untuk bayi juga harus dibatasi, kebiasaan mengoleskan minyak telon, body lotion dan bedak harus dihindari, sebaiknya gunakan saja seperlunya tidak bertumpuk. Penetrasi atau penyerapan dari berbagai produk kosmetik bayi lebih mudah, karena pertahanan di permukaan kulit belum sempurna. sehingga, sebelum pemakaian produk, orang tua harus membaca komposisi dan perhatikan pula reaksi akibat penggunaan produk kosmetik untuk bayi tersebut.

Apabila setelah membaca komposisi produk, anda sebagai orang tua semakin bingung, maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter, atau dengan cara melihat reaksinya dalam jarak waktu beberapa menit, jika timbul alergi maka jangan dipakai. Dan apabila tidak menimbulkan efek samping, maka tetap gunakan merk kosmetik bayi tersebut.

Penyebab Iritasi Kulit Bayi tidak hanya kebiasaan gonta-ganti produk kosmetik bayi, namun pemakaian pakaian bayi yang terlalu ketat dan bahan pakaian bayi yang tidak menyerap keringat sering membuat kulit bayi iritasi.

Apabila bayi diberikan minyak penghangat tubuh dan pakaiannya ketat bisa menyebabkan iritasi, sehingga sebaiknya para orang tua memakaikan pakaian bayi yang sesuai dengan umur bayi dan pilih bahan pakaian yang lembut dan menyerap keringat dan tentu harus selalu bersih.

Faktor lain yang juga dapat mengganggu kesehatan bayi adalah mencuci peralatan makan dan minum bayi yang dicampur dengan peralatan makan orang dewasa. Padahal kandungan detergen dalam cairan pembersih piring untuk orang dewasa cukup tinggi dan sebaiknya peralatan bayi bebas dari kandungan detergen tersebut.

Beberapa peralatan bayi tidak tahan dengan detergen untuk dewasa, sehingga menyebabkan tertinggalnya residu pada perlengkapan bayi. Hal ini dapat menganggu kesehatan bayi, sehingga untuk membersihkan peralatan makan dan minum bayi sebaiknya menggunakan sabun khusus.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut diatas sebaiknya dihentikan agar bayi dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal. Dan tentu yang paling penting dalam merawat bayi, adalah orang tua melakukannya dengan hati- hati, cermat dan tidak mudah panik.

Ringkasan:
  • Penyebab Kulit bayi iritasi yang paling umum adalah pengunaan kosmetik yang berganti-ganti dan penggunaan pakaian yang terlalu sempit,
  • Peralatan makan dan minum bayi sebaiknya dicuci dengan sabun khusus, agar kandungan detergen tidak banyak

Post a Comment for "Penyebab Sepele Iritasi Kulit Bayi"