Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menstruasi Merupakan Proses Alami Pembersih Tubuh Wanita

Siklus Menstruasi
Menstruasi merupakan suatu proses alami yang terjadi pada wanita, dimana terjadi meluruhnya endometerium (dinding pada rahim di bagian dalam) yang keluar melalui vagina. Siklus menstruasi terjadi antara 21 sampai 40 hari. Siklus Menstruasi terjadi, sebagai tanda bahwa tubuh wanita berfungsi secara normal sesuai dengan apa yang harus di lakukan. Dengan kata lain, Siklus menstruasi menandakan bahwa tubuh Bunda berada pada kondisi yang stabil, singkron dan sehat.

Siklus Menstruasi Teratur, biasanya menunjukan berat badan ideal, kalori seimbang, dan asupan gizi yang terpenuhi secara baik. Sedangkan Siklus menstruasi tidak teratur dalam waktu yang lama, biasanya terjadi pada wanita yang mempunyai berat badan berlebihan atau kurang, atau mempunyai kondisi asupan gizi dan kalori yang tidak seimbang. Saat seorang wanita mengalami siklus menstruasi zat besi yang juga akan berkurang, sehingga dapat mengakibatkan gangguan kestabilan porsi pada zat besi di dalam tubuh, namun dapat membuat umur wanita lebih panjang.

Manfaat Menstruasi hampir sama dengan kegiatan donor darah yang bisa membersihkan darah di dalam tubuh. Siklus Menstruasi juga dapat membersihkan daerah reproduksi, beberapa bakteri dan dapat mengurangi zat besi berlebih di dalam tubuh. Saat Haid, wanita akan merasa sangat malas dan banyak muncul jerawat. Hal ini terjadi karena adanya proses pada penyeimbangan hormon pada tubuh dan keluhan tersebut akan kembali normal setelah siklus menstruasi berakhir.

Manfaat Siklus Menstruasi yang lain adalah dapat mengatasi berbagai macam penyakit dengan beragam perawatan yang biasanya disebut stem cell therapy. Stem cell merupakan sel yang bisa dikembangkan menjadi beberapa sel berbeda. Perlu anda ketahui bahwa pada tubuh manusia, ada bermacam sel seperti sel otak, sel syaraf, sel darah dan banyak lagi sel-sel yang lainnya.

Stem cell tersebut akan berkembang menjadi beberapa sel yang telah di sebutkan tadi. Sebelumnya stem cell hanya bisa di temukan pada janin, namun setelah dilakukan beberapa penelitian, ternyata ditemukan bahwa siklus menstruasi juga dapat mengandung stem cell seperti yang terdapat pada janin tersebut.

Dari penjelasan tersebut di atas, maka sebaiknya para wanita tidak lagi merasa takut menghadapi siklus menstruasi. Meski efek menstruasi kadang cukup menyakitkan, seperti payudara nyeri, perut sakit, melas dan keluhan-keluhan lain, namun arena bagaimanapun juga siklus menstruasi akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, kesuburan wanita dan tentu juga kesehatan reproduksi wanita.

Ringkasan:
  • Siklus Menstruasi Teratur menjadi indikasi tubuh wanita dalam keadaan yang sehat dan seimbang,
  • Siklus Menstruasi berfungsi untuk membersihkan daerah organ reproduksi, beberapa bakteri dan mengurangi zat besi berlebih di dalam tubuh wanita,
  • Menstruasi pada wanita akan memicu perkembangan sel-sel baru di dalam tubuh wanita sehingga membuat wanita lebih panjang umur,

Post a Comment for "Menstruasi Merupakan Proses Alami Pembersih Tubuh Wanita"