Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Penggunaan Lensa Kontak terhadap Kesehatan Mata

Tips Kesehatan
Penggunaan Lensa Kontak, saat ini bukan lagi sebagai alat bantu penglihatan bagi yang mempunyai gangguan mata, namun banyak yang menggunakan lensa kontak sebagai bagian dari trend untuk dijadikan fashion. Padahal  penanganan yang kurang tepat pada kontak lensa dapat membawa bakteri mikroba dan kuman masuk ke dalam mata.

Apabila mata terinfeksi bakteri, bisa menyebabkan gangguan penglihatan, kebutaan bahkan kematian. Bakteri atau kuman bisa masuk pada lensa kontak yang anda gunakan melalui tangan yang tidak bersih saat memasang lensa kontak ke mata. Bakteri dan kuman juga bisa masuk saat anda mencuci lensa kontak dibawah air keran secara langsung. Bahkan tempat lensa kontak yang terlalu lama digunakan bisa menjadi media pertumbuhan mikroba.

Adapun beberapa gangguan pada mata yang sering muncul akibat pemakian lensa kontak adalah sebagai berikut:
  • Kerartitis, disebabkan karena pertumbuhan mikroba Pseudomonas dan Acanthamoeba di mata akibat penggunaan lansa kontak. Gangguan kesehatan mata ini bisa menyebabkan kebutaan.
  • Lensa pecah di dalam mata karena masih digunakan saat tidur. Hal ini disebabkan karena saat tidur lensa kontak bisa saja bergerak-gerak, atau karena lensa kontak yang mengering, dan pecah saat akan dilepas. Untuk mengatasi bahaya ini, sebaiknya sebelum melepaskan lensa kontak, anda memberikan tetesan cairan lensa kontak tidak kering dan mudah pecah.
  • Iritasi dan Mata Merah, lebih disebabkan karena pemasangan yang kurang tepat, debu dan pemakaian yang terlalu lama. Sehingga apabila memang tidak diperlukan sebaiknya anda melepas lensa kontak. 
Bahaya-bahaya yang bisa terjadi akibat penggunaan lensa kontak  yang kurang tepat tentu harus diwaspadai. Apabila memang tidak diperlukan atau menggunakan lensa kontak hanya karena fashion sebaiknya dihindari. Jangan korbankan kesehatan mata anda, hanya karena ingin tampil lebih menarik.

Ringkasan:
  • Penggunaan Lensa Kontak yang tidak tepat bisa menyebabkan gangguan kesehatan mata, kebutaan bahkan kematian,
  • Menggunakan lensa kontak saat tidur bisa membuatnya pecah yang tentu sangat berbahaya,
  • Gangguan kesehatan mata sering disebabkan karena bakteri masuk ke mata dengan mediasi lensa kontak.

Post a Comment for "Bahaya Penggunaan Lensa Kontak terhadap Kesehatan Mata"