Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebaran Virus Baru di Indonesia yang Ditularkan Nyamuk

Selama ini kita mengenal Penyakit Malaria, Penyakit Kaki Gajah, Demam Chikungunya, Demam Penyakit Kuning, Demam Berdarah, sebagai penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Namun baru baru ini, telah ditemukan virus baru yang juga menularkan penyakit dari nyamuk, yait virus Zika. Virus ini sebelumnya hanya ditemukan di Afrika, Kepulauan Pasifik, dan beberapa negara Asia Tenggara selain di Indonesia.

Virus Zika termasuk dalam keluarga virus yang menyebar melalui nyamuk Aedes, seperti demam kuning, demam dengue, dan west nile.  Virus Zika pertama kali dikenali oleh Lembaga Eikjman karena memiliki platform atau metode deteksi berbagai jenis virus. Lembaga ini juga telah memiliki kemampuan untuk memeriksa paling tidak panel 14 famili virus yaitu, Filoviridae, Togaviridae, Paramyxoviridae, Bunyaviridae, Flaviridae, Alphaviridae, Seadornavirus, Bicavirus, Arenavirus dan Hantavirus.

Peneliti dari Lembaga Eikjman mengaku belum mengetahui dari mana asal virus Zika berasal. Para peneliti menemukan virus ini saat terjadi wabah demam dengue di Provinsi Jambi, pada bulan Desember 2014 sampai April 2015. Virus Zika, jtidak menyebabkan kelainan berat seperti demam dengue, namun hanya memicu demam skalanya menengah, namun tentu gejalanya tetap harus diwaspadai.

Lembaga Eikjman sudah melaporkan penemuan Virus Zika ke Kementrian Kesehatan sebelum dipublikasikan kepada publik.  Dan saat ini usaha penanganan orang yang terjangkit virus Zika sama seperti halnya demam dengue.

Adapun Gejala seseorang yang terjangkit Virus Zika sama yaitu demam, sakit kepala, serta ruam di beberapa bagian tubuh. Dan untuk mencegah inveksi virus Zika , bisa dilakukan dengan menghindari gigitan nyamuk dan menjaga kesehatan dan daya tubuh secara keseluruhan.

Ringkasan:
  • Penyakit yang ditularkan nyamuk, seperti Malaria, Penyakit Kaki Gajah, Demam Chikungunya, Demam Penyakit Kuning, Demam Berdarah,
  • Virus Baru yang ditularkan melalui nyamuk adalah Virus Zika,
  • Gejala orang yang terjangkit Virus Zika adalah demam, sakit kepala, dan munculnya ruam.

Post a Comment for "Penyebaran Virus Baru di Indonesia yang Ditularkan Nyamuk"