Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Kandungan Gula pada Makanan Anak

Tips Kesehatan Anak
Makanan Anak-Anak akan lebih banyak ditemukan di toko dibandingkan dengan produk makanan dewasa. Dan tahukah anda apabila banyak produk makanan dan minuman di tersebut, yang sekilas terlihat aman namun ternyata mengandung kadar gula yang berbahaya.
Salah satu kejadian nyata dialami seorang ayah dari Inggris, Dean Dempsey (41). Beliau menghabiskan satu minggu untuk memeriksa 106 bekal di sekolah TK anaknya, karena ingin tahu makanan dan minuman yang dibawakan orangtua kepada anak-anak mereka.

Dean Dempsey terkejut karena, salah satu bekal anak-anak TK tersebut mengandung 49,5 gram gula, atau sekitar dua belas sendok teh. Padahal, anak-anak usia 4 sampai 8 tahun tidak boleh mengkonsumsi gula lebih dari 3 sendok teh atau 12 gram per hari.

Dean Dempsey juga menemukan bahwa produk Makanan Anak di supermarket yang paling populer adalah Capri Sun rasa blackcurrant (16,2 g gula), Kit Kat (10,8 g), Go Ahead Bar yang dipromosikan sebagai camilan sehat (9,9g), dan yogurt merek Frube (5,2g).

Adapun berdasarkan pemeriksaan, pelanggar terburuk adalah pada makanan anak yogurt bermerek Petit Filous yang mengandung 41,5 gram atau lebih dari sepuluh sendok teh gula.Banyak orangtua yang tidak mengetahui betapa tingginya level gula dalam makanan yang diberikan pada anak dan tidak yakin ketika mencari pilihan makanan anak yang lebih sehat.

Penjelasan dari Peneliti nutrisi dari British Nutrition Foundation, Sarah Coe, bahwa bekal yang ideal harus mengandung makanan mengandung karbohidrat seperti roti, pasta dan nasi berbiji utuh. Bekal makanan anak juga harus berisi cukup buah,sayuran, protein seperti ikan, ayam, telur dan kacang-kacangan.

Sebagai pelengkap orang tua juga bisa menambahkan produk susu seperti yogurt tanpa rasa dan keju sebagai pelengkap. Bekal minuman terbaik tentu saja adalah air putih, atau jus buah alami yang sudah dicampur dengan air dengan banyak tidak lebih dari 150 mililiter dalam satu hari.

Ringkasan:
  • Makanan anak yang dijual di toko banyak mengendung gula yang banyaknya bisa berbahaya untuk anak-anak,
  • Beberapa makanan anak bahkan mengandung lebih dari 10 sendok teh, padahal maksimal kebutuhan gula anak hanya 3 sendok the,
  • Bekal makanan yang sehat untuk anak sebaiknya mengandung karbohidrat, serat dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Post a Comment for "Bahaya Kandungan Gula pada Makanan Anak"