Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan Bayi Tidak Boleh Minum Air Putih

Minuman Bayi
Bayi Tidak Boleh Minum Air Putih tentu dengan alasan yang tepat, karena apabila untuk orang dewasa Air putih berfungsi untuk mencegah tubuh dari dehidrasi. Namun, kenapa hal tersebut tidak berlaku untuk bayi? Hal ini sesuai saran dari beberapa ahli tidak menyarankan bayi untuk minum air putih. Terutama bagi bayi yang mendapatkan ASI eksklusif, dan bahkan minum  air putih bisa membahayakan buah hati anda.

ASI adalah jawaban dari seluruh nutrisi yang dibutuhkan bayi di enam bulan setelah persalinan. ASI memiliki fungsi yang sama dengan air putih, bahkan lebih. Untuk itu, Bunda tidak perlu takut buah hatinya mengalami dehidrasi apabila tidak minum air putih. Akibatnya apabila bayi tetap diberikan air putih, akan menyebabkan kelebihan air di perut sehingga menyebabkan bayi kehilangan nutrisi penting dari ASI. Kondisi ini juga akan menyebabkan bayi lebih cepat kenyang sehingga porsi minum ASI lebih sedikit.

Mikroorganisme, mineral dan zat lain yang masuk bersama air putih yang diminum bisa merusak sistem pencernaan bayi. Zat-zat yang ada pada air putih  juga bisa merusak bakteri baik dari sistem pencernaan buah hati anda. Sehingga, apabila air putih diberikan berlebihan, buah hati anda akan sangat mungkin mengalami ketidakseimbangan elektrolit dan membuat bayi menjadi lebih mudah sakit.

American Academy of Pediatrics mengungkapkan, bayi harus mendapatkan ASI eksklusif pada 6 bulan pertama kehidupannya, dan tidak perlu ditambah dengan minuman atau makanan lainnya. Hal ini disebabkan, karena pencernaan bayi yang baru bisa menerima makanan padat pada usia sekitar 6 bulan. Susu formula hanya boleh diberikan ada masalah dengan produksi ASI atau kondisi lain yang tidak memungkinkan untuk Ibu memberikan ASInya (akan lebih baik apabila dicarikan Donor ASI).

Ringkasan:
  • Minum Air Putih baik untuk mencegah dehdrasi pada orang dewasa,
  • Bayi Tidak Boleh Minum Air Putih karena dikhawatirkan bisa membawa bakteri dan bibit penyakit yang bisa mengganggu kesehatan bayi,
  • Bayi sampai umur 6 bulan hanya boleh diberikan ASI kecuali pada kondisi tertentu.

Post a Comment for "Alasan Bayi Tidak Boleh Minum Air Putih"