Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Obat Batuk Orang Dewasa untuk Anak-Anak

Obat Batuk Anak
Obat Batuk Orang Dewasa tentu dikhususkan untuk digunakan oleh orang dewasa, dan sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak meski mengurangi takaran yang seharusnya diberikan. Hal ini perlu menjadi perhatian, karena memang sampai saat ini banyak orang dewasa yang tidak sadar mengenai kesalahan yang mereka lakukan.

Batuk merupakan anugerah yang diberikan Allah kepada manusia, termasuk kepada anak ketika mereka sedang mengalami gangguan kesehatan ini. Refleks batuk merupakan refleks yang bersifat protektif dengan tujuan mencegah masuk atau berlebihnya benda asing masuk ke dalam saluran napas. Adapun benda asing yang dimaksud seperti virus, jamur, bakteri, debu, makanan, kotoran dan sebagainya.

Saat seseorang dan anda mengalami infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) seringkali menyebabkan produksi lendir di saluran napas berlebihan dan/atau kental. Kondisi ini pada akhirnya akan menyebabkan timbulnya refleks batuk dengan tujuan mengeluarkan lendir-lendir tersebut.

Mekanisme pengeluaran lendir pada anak yang berlebih di saluran pernapasan yang utama adalah refleks batuk. Hal ini berbeda dengan orang dewasa dimana mereka bisa secara volunter dapat mengeluarkan lendir dengan mekanisme lain, seperti meludah.

Pemberian obat pada batuk, bertujuan untuk membantu tubuh membersihkan benda-benda asing yang masuk ke pernapasan sehingga batuk pun menjadi reda. Adapun obat batuk, ada yang berbentuk cair maupun pil, yang tentu saat ini bebas diperjual belikan.

Mengenai Bahaya Obat Batuk Orang Dewasa untuk Anak-Anak, perlu anda ketahui bahwa obat batuk dewasa sebagian besar mengandung zat yang bersifat menghambat refleks batuk, seperti kodein, dan dekstrometorfan. Sehingga apabila obat batuk untuk orang dewasa diberikan kepada anak, akan menghilanglah mekanisme utama pengeluaran lendir saluran pernapasan. Kondisi ini akan menyebabkan lendir semakin menumpuk, sehingga memperberat gejalanya. Kondisi ini bahkan bisa menyebabkan sesak napas yang makin hebat terlebih pada anak yang juga menderita asma.

Pengobatan Batuk pada anak yang tepas adalah memberi cairan yang cukup seperti minum air putih yang sering (lebih baik air putih hangat). Sedangkan dan pada anak yang menderita asma sebaiknya juga diberikan obat anti asmanya. Asupan nutrisi yang optimal juga diperlukan untuk mempercepat pengobatan batuk.

Ringkasan:
  • Batuk adalah Refleks untuk mencegah benda asing masuk ke saluran pernapasan lebih dalam lagi,
  • Bahaya Obat Batuk Orang Dewasa untuk Anak-Anak adalah bisa menyebabkan batuk lebih parah dan sesak napas,
  • Pemberian air putih lebih sering bisa digunakan untuk mengurangi Batuk pada anak.

Post a Comment for "Bahaya Obat Batuk Orang Dewasa untuk Anak-Anak"