Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Pijat Bayi untuk Pertumbuhan

Cara Pijat Bayi
Pijat untuk Bayi dilakukan untuk memberikan rangsangan atau stimulasi yang bermanfaat untuk perkembangan bayi. Pijat merupakan terapi sentuhan kuno yang sampai saat ini masih dipraktikkan di seluruh dunia. Apabila Pijat bayi dilakukan secara teratur dan sesuai dengan tata cara dan teknik pemijatan yang benar, maka akan memberikan banyak manfaat yang diperoleh.

Banyak penelitian yang telah dipublikasikan, pijat akan membuat bayi lebih rileks, mengurangi kegelisahan, menyehatkan tubuh dan otot- otot. Tidak hanya bermanfaat untuk bayi, aktifitas ini juga bisa meningkatkan ikatan antara orangtua dan bayi, meningkatkan komunikasi orangtua dengan bayi, dan membantu rasa percaya diri orangtua dalam mengasuh buah hatinya.

Pijat bayi bisa dimulai pada:
  • Sedini mungkin, Pemijatan pada bayi baru lahir hanya berupa usapan usapan lembut, dan setelah bertambahnya usia dapat diberikan tekanan – tekanan ringan 
  • Dilakukan pada pagi dan sore hari,
Saat anda melakukan pemijatan kepada bayi, perlu diingat bahwa jangan lupa selalu mengajak bicara bayi, bisa dengan bernyanyi, bercerita atau mengajak bicara bayi. Adapun pijat bayi tidak boleh dilakukan apabila:
  • Bayi lapar,
  • bayi dalam keadaan sakit
  • bayi baru saja makan/minum,
  • membangunkan Bayi dari tidur hanya untuk dipijat
Setiap gerakan yang berkaitan dengan Pijat Bayi pada dasarnya memiliki khasiat. Disentuh, dirawat dan dipijat adalah aktifitas yang baik untuk bayi. Adapun bebarapa paramater perkembangan anak : pada usia anak 0 – 3 bln; mengangkat kepala, bersuara, tersenyum. Usia 3 – 6 bulan; mengangkat kepala 90 ยบ dan mengangkat dada dengan menumpu pada lengan, menoleh ke arah suara, berusaha mencari mainan. Usia 6 – 9 bulan; bisa duduk tanpa bantuan, bersuara tanpa jelas artinya, bertepuk tangan. Usia 9 – 12 bulan; bayi bisa berdiri tanpa dibantu, berkata satu dua kata, mengerti perintah atau larangan sederhana. Usia 12 – 18 bulan; berjalan, membuat menara dari 2 atau 4 kubus, menunjuk gambar, mengikuti kegiatan. Usia 18 – 24 bulan; naik tangga, belajar makan, bicara sebagian sudah dimengerti. Usia 2 – 3 tahun; melompat, menyusun kalimat, memakai baju sendiri. Usia 3 – 4 tahun; berdiri 1 kaki, menyebut warna, gosok gigi tanpa dibantu. Usia 4 – 5 tahun; melompat, pandai bicara, mengambil makan sendiri.

Pada masa emas ini marilah kita sebagai orang tua memberi stimulasi (dalam hal ini pijat) karena stimulasi (pijat) sangat penting sebagai dasar perkembangan bayi selanjutnya. Stimulasi yang dilakukan sejak dini cukup dalam kualitas dan kuantitas sangat membantu dalam proses ppertumbuhan bayi. Dengan melakukan pemijatan yang tepat bayi akan mendapat banyak manfaat. Pemijatan sederhana bisa anda lakukan dengan lembut dan perlahan.

Ringkasan:

  • Manfaat Pijat Bayi adalah menstimulasi pertumbuhan bayi agar lebih maksimal,
  • Pijat akan membuat bayi lebih rileks, kegelisahan berkurang dan menyehatkan tubuh dan otot- otot,
  • Pijat bayi yang dilakukan orang tua juga akan bisa meningkatkan ikatan batin orang tua dan anak.

Post a Comment for "Manfaat Pijat Bayi untuk Pertumbuhan"