Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengajarkan Anak Memilih Jajanan Sehat

Mengajarkan Anak Memilih Jajanan Sehat perlu dilakukan terutama bagi buah hati yang sudah masuk ke sekolah. Hal ini ini dikarenakan, meski orang tua sudah membekali anak dengan makanan ringan dari rumah, tidak jarang anak tetap ingin membeli jajanan yang dijual di kantin sekolah. Hal ini tentu karena makanan tersebut dijual dengan beranekawarna, rasa dan bentuk, sehingga terlihat sangat menarik.

Selain boros, jajan di luar atau di kantin sekolah tidak bisa dipastikan masalah kebersihan dan nutrisinya. Bahkan tidak sedikit makanan tersebut mengandung zat kimia seperti boraks, formalin dan pewarna tekstil. Dan memberi tahu anak tentang cara memilih jajanan yang sehat tidaklah mudah. Namun tetap harus dilakukan demi kesehatan mereka.

Pada kesempatan ini, Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan memberikan beberapa cara yang perlu anak ketahui dalam memilih jajanan yang sehat, yang diantaranya adalah:
  • Memilih makanan dalam wadah tertutup dalam kemasan sehingga tidak terkena debu dan dihinggapi lalat.
  • Hindari jenis makanan dengan harga murah dan memiliki warna cerah mencolok karena sangat mungkin mengandung bahan pangan sintetis berlebihan disertai pewarna non makanan.
  • Patikan buah hati anda memilih makanan yang dijual di tempat yang bersih lingkungan maupun kemasannya. Terhindar dari asap, tertutup, tidak dihinggapi lalat/ serangga serta terhindar dari paparan sinar matahari dan hujan secara langsung. Dan jangan membeli makanan yang dibungkus dengan menggunakan kertas bekas maupun koran
  • Beritahu kepada anak untuk memilih variasi makanan tidak hanya satu jenis makanan saja. Hal ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya yang tentunya berasal dari aneka ragam makanan/ jajanan yang mereka dikonsumsi.
  • Jajanan yang dipilih anak harus memenuhi gizi seimbang yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan optimal.
Banyak cara Mengajarkan Anak Memilih Jajanan Sehat atau menghindarkan anak dari membeli makanan yang tidak sehat. Anda sebagai orang tua, sebaiknya juga  dengan membawakan jajanan/ makanan sendiri dari rumah untuk mengurangi resiko keinginan anak untuk membeli makanan di sekolahan. Anak sebaiknya juga dibiasakan untuk sarapan dengan mengonsumsi sayur, buah dan banyak minum air putih.

Ringkasan:
  • Jajanan yang di sekolahan tidak selalu bersih, sehat dan bernutrisi,
  • Zat Kimia Berbahaya yang sering ditemukan pada jajanan adalah boraks, formalin dan pewarna tekstil,

Post a Comment for "Tips Mengajarkan Anak Memilih Jajanan Sehat"