Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Alami Mencegah Sakit Maag Kambuh

Pengobatan Sakit Maag
Sakit maag atau dispepsia adalah salah satu gangguan kesehatan penyebabnya adalah makan tidak teratur, terdapat mikroorganisme merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu, mengonsumsi alkohol, pola tidur tidak teratur dan stress. Maag atau radang lambung merupakan gejala penyakit yang menyerang lambung yang disebabkan adanya luka atau peradangan pada lambung sehingga memicu rasa sakit, mulas, dan perih pada bagian perut.

Naiknya asam lambung karena sakit maag juga ditandai dengan kondisi di mana asam lambung naik dari lambung menuju kerongkongan, menyebabkan sensasi panas, sesak, hingga nyeri di dada. Bagi anda yang sering mengalami sakit maag dan belum bergantung dengan obat lambung, sebaiknya menerapkan cara alami yang bisa dilakukan untuk cegah naiknya asam lambung, yaitu dengan cara-cara sebagai berikut.

Pastikan Anda memiliki lebih banyak pakaian terutama celana yang longgar. Hal ini dikarenakan tekanan ekstra pada perut, seperti saat mengenakan celana ukuran ketat, bisa memicu asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan.

Makan dengan berlebihan akan membuat seseorang lebih rentan terserang sakit maag, sedangkan porsi kecil sepanjang hari bisa mengurangi risiko sakit maag itu sendiri. Sehingga bagi anda yang pernah mengalami sakit maag, cobalah untuk makan dalam porsi kecil namun sering. Setelah itu, anda harus duduk tegak paling tidak tiga jam sehingga makanan benar-benar bisa masuk ke sistem pencernaan.

Sakit maag juga akan lebih mudah kambuh pada perokok, sehingga apabila anda mempunyai gejala maag harus bisa mengurangi rokok yang anda hisap. Nikotin pada tokok bisa melemahkan otot-otot antara perut dan kerongkongan yang mempunyai menjaga asam dalam perut. Hal ini akan lebih berbahya, karena asupan tembakau dapat menstimulasi perut untuk memproduksi lebih banyak asam lambung.

Bagi penderita maag sebaiknya perlu mengidentifikasi pemicu naiknya asam lambung. Anda harus mengetahui makanan yang menyebabkan asam refluks sangat penting dalam mengurangi gejala. Adapun bbeberapa makanan yang bisa memicu kekambuhan penyakit maag seperti makanan berlemak, makanan pedas, cokelat, kafein, minuman jeruk dan alkohol.

Apabila anda telah melakukan cara-cara alami mencegah sakit maag kambuh seperti diatas selama dua bulan namun gejalanya tidak membaik, sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter. Hal ini untuk mendiskusikan pilihan pengobatan sakit maag yang sesuai saran dokter.

Ringkasan:
  • Penderita maag juga karang merasakan panas pada kerongkongan, sesak, hingga nyeri di dada,
  • Rokok bisa meningkatkan asam lambung dan memicu gejala-gejala sakit maag,
  • Cara Alami Mencegah Sakit Maag Kambuh seperti tidak memakai celana ketat, makan secukupnya dan teratur, mengurangi rokok.

Post a Comment for "Cara Alami Mencegah Sakit Maag Kambuh"