Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara agar Mata tetap Sehat saat Bekerja di Depan Layar

Kesehatan Mata
Gangguan pada idera pengelihatan atau mata, banyak di alami oleh perempuan usia produktif,sehingga  mengganggu aktivitas harian. Untuk itu, apabila sudah nampak gejala masalah pada mata, sebaiknya tidak dianggap sepele dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata.

Gangguan kesehatan mata yang sering terjadi seperti mata lelah (astenopia), Computer Vision Syndrome (CVS), gangguan refraksi dan mata kering (dry eye). Dan pada artikel ini Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan memberikan beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata untuk usia produktif ini, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Hindari melakukan pekerjaan dekat secara terus-menerus, karena mata akan berakomodasi. Akomodasi pada mata yang terjadi secara terus-menerus akan menyebabkan mata menjadi cepat lelah. Anda bisa melakukan peralihan fokus pengelihatan mata setiap 30 menit sekali. Atau bisa juga menerapkan  aturan 20-20, yaitu 20 menit menatap obyek dekat dan diselingi 20 detik beristirahat melihat obyek jauh dengan jarak lebih dari 6 meter.

Saat mengistirahatkan mata (melihat ke obyek yang jauh), anda juga bisa melakukan senam ringan untuk peregangan otot-otot bahu dan leher untuk mencegah terjadinya computer vision syndrome.

Saat bekerja di depan komputer usahakan untuk tetap berkedip secara teratur agar mata tidak kering. Anda juga sebaiknya sesekali melihat pemandangan di luar ruangan atau sekedar untuk berjalan-jalan keluar ruangan kerja anda.

Jarak pandang mata ke ponsel atau gadget yang baik adalah sekitar 30-40 cm, dengan posisi gadget lebih rendah dari posisi mata, atau membentuk sudut sekitar 15. Pencahayaan layar komputer/laptop/gadget sebaiknya juga tidak terlalu terang, agar tidak menyebabkan mata lebih cepat lelah.

Selain pencahayaan layar, pencahayaan ruangan juga harus diperhatikan, agar tidak terlalu kontras dengan pencahayaan dari layar laptop/komputer/gadget. Ruangankerja yang terlalu redup akan menyebabkan kontras yang berlebihan sehingga akan mata menjadi tidak nyaman.

Lakukan Senam mata yang dilakukan dengan menggerak-gerakkan bola mata ini sebenarnya masih bersifat kontroversial. Selain itu anda juga bisa melakukan pemijatan ringan di sekitar mata, untuk memperlancar aliran darah dan mengurangi rasa lelah pada mata.

Ringkasan:
  • Seorang yang lebih banyak bekerja di depan layar akan lebih rentan mengalami gangguan kesehatan mata, bahkan saat masih usia produktif sekalipun,
  • Gangguan kesehatan mata yang sering terjadi seperti mata lelah, Computer Vision Syndrome, gangguan refraksi dan mata kering,
  • Gangguan kesehatan mata bisa di cegah dengan sering berkedip, jarak baca yang tepat dan sering beristirahat saat di depan layar.

Post a Comment for "Cara agar Mata tetap Sehat saat Bekerja di Depan Layar"