Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Segala Persiapan untuk Menyambut Buah Hati

Persiapan Persalinan tentu saja bertujuan untuk menyambut buah hati adalah selaku penyambung keturunan, baik itu buah hati yang pertama, kedua dan yang ke berapapun tentu mereka aakan tetap menjadi harapan orang tua. Rasa kasih akan membuat orang tua berusaha semakimal mungkin dan yang terbaik saat menyambut buah hati.

Persiapan menyambut buah hati dilakukan tentu saat buah hati masih di dalam kandungan, menjelang persalinan dan setelah persalinan. Adapun persiapan ini meliputi persiapan mental, persiapan material dan persiapan lingkungan.

Adapun beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat buah hati masih di dalam kandungan adalah sebagai berikut:
  • Persiapan mental, meliputi Ibu Hamil merasa senang, penuh rasa syukur, berfikir posif terhadap banyak hal. Kasih sayang dari suami dan anggota keluarga lain, d. Rajin beribadah dan mendekatkan diri kepada Maha Pencipta. Dan Ibu Hamil hendaknya membaca buku tentang kegawatan dalam kehamilan, merawat anak dan bacaan mengenai persalinan dan merawat bayi.
  • Persiapan fisik, Ibu Hamil meliputi pemenuhan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan bergisi seimbang, menghindasi makanan instant, cepat saji dan dilengkapkan dengan mengkonsumsi susu ibu hamil. Ibu hamil tentu juga harus melakukan pemeriksaan kehamilan rutin, senam ibu hamil dan perawatan payudara selama hamil.
  • Persiapan lingkungan saat Ibu Hamil meliputi, dukungan suami dan keluarga terhadap emosional dan usaha untuk menciptakan Lingkungan rumah yang bersih dan sehat.
Setelah memahami persiapan Persiapan Menyambut Buah Hati saat masih di dalam kandungan, anda juga bisa melakukan persiapan saat menjelang persalinan, yang diataranya adalah:
  • Persiapan mental Orang tua adalah lebih mendekatkan diri pada Maha Pencipta dan memohon pertolongan pada agar diberi kemudahan dalam persalinan. Ibu Hamil menyiapkan diri untuk proses persalinan bahwa melahirkan adalah kondrat seorang wanita, ada rasa sakit saat kontraksi sebagai proses membuka jalan lahir, dan ibu siap dengan proses tersebut, sehingga bisa menumbuhkan semangat untuk berjuang melahirkan buah hati dengan cara persalinan normal.
  • Persiapan material meliputi Kondisi tubuh ibu hamil yang sehat, tekanan darah normal, kadar darah ( Hb ) normal. Ibu Hamil mengerti tanda-tanda akan melahirkan. Perlengkapan bayi yang akan dipakai sudah dicuci dan disimpan dengan baik, ini termasuk perlengkapan Ibu pasca persalinan. Anda juga sudah siap dengan biaya yang akan dikeluarkan untuk proses persalinan baik secara Caesar maupun normal.
  • Persiapan lingkungan, meliputi kamar yang akan digunakan untuk buah hati, harus bersih, cukup pencahayaan, sinar matahari pagi bisa masuk, sirkulasi udara lancar sehingga tidak pengap. Anda juga harus mempersiapkan transportasi yang akan digunakan untuk mengantar apabila proses persalinan sudah tiba.
Adapun Persiapan untuk Menyambut Buah Hati, saat telah lahir adalah sebagai berikut:
  • Persiapan Mental, meliputi Kasih sayang terhadap buah hati. Untuk anak pertama ibu mulai belajar merawat bayi secara langsung, yang dimana ketika masih disarana kesehatan atau rumah sakit dipandu oleh petugas kesehatan, merawat bayi meliputi memandikan, merawat tali pusat, pijat bayi, cara menyusui yang benar dan bagaimanan tanda bayi sakit.
  • Persiapan fisik/material meliputi, Kondisi Kesehatan Ibu Hamil yang harus dijaga, menjaga kecukupan ASI dengan cara mengkonsumsi nutrisi yang cukup, menjaga kebersihan payudara, menghindari kecemasan, kelelahan.
  • Persiapan Lingkungan meliputi, tempat tinggal yang sehat, bersih, cahaya matahari cukup, sirkulasi udara baik, penerangan cukup, tidak ada asap rokok dan asap yang lain, termasuk adanya debu yang berlebihan. Dan yang terakhir adalah lingkungan rumah dijaga agar bebas dari nyamuk.
Ringkasan:
  • Persiapan untuk Menyambut Buah Hati dimulai saat masih di dalam rahim, menjelang persalinan dan setelah dilahirkan,
  • Persiapan Menyambut Buah Hati meliputi persiapan Fisik, Mental dan Lingkungan,
  • Persiapan Menyambut Buah Hati yang benar, diharapkan mampu mendukung perawatan buah hati lebih maksimal.

Post a Comment for "Segala Persiapan untuk Menyambut Buah Hati"