Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Obat yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Obat untuk Ibu Hamil
Hal yang dikhawatirkan Ibu Hamil adalah mengalami gangguan kesehatan, dan tidak tahu apakah obat yang biasanya dikonsumsi aman atau tidak untuk kondisi kehamilannnya. Kondisi ini tentu sering dialami ibu hamil, dan mungkin termasuk anda, untuk itu pada kesempatan ini Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan membahas mengenai Obat yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil.

Alane Park selaku dokter dan penulis buku The Mommy Docs Ultimate Guide To Pregnancy and Birth, menyatakan kebanyakan obat cukup aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Adapun rekomendasi obat-obatan yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil, adalah sebagai berikut:

Penghilang nyeri pada Ibu Hamil, bisa menggunakan Obat golongan parasetamol sesuai dosis yang dianjurkan. Adapun obat pereda nyeri yang lain seperti ibuprofen dan naproxen tidak disarankan karena bisa mengurangi cairan ketuban di semester akhir kehamilan. Selain itu Obat yang mengandung ibuprofen bisa membuat pembuluh darah di jantung bayi menutup sebelum waktunya.

Obat Sembelit pada Ibu Hamil, sebenarnya bisa menggunakan obat pencahar yang dijual bebas di apotek. Namun yang lebih baik adalah dengan asupan serat dari buah-buahan dan sayuran. Ibu Hamil Sulit BAB  sering terjadi karena meningkatnya hormon progesteron yang memperlambat sel otot sehingga gerakan usus menjadi tidak aktif.

Gangguan pencernaan dan Heartburn pada Ibu Hamil disebabkan karena meningkatnya hormom progesteron. Obat yang dijual bebas di apotek biasanya tidak terlalu kuat mengatasi keluhan ini, sehingga lebih baik Ibu Hamil melakukan dengan dokter. Sebagai usaha pencegahan, anda sebaiknya makan dalam porsi kecil namun sering, dan hindari makan makanan berat dua jam sebelum tidur.

Infeksi saat Hamil, seperti radang tenggorokan atau infeksi saluran kemih, biasanya diperlukan antibiotik. Obat-obatan golongan penisilin cukup aman dan tidak pernah ada laporan adanya kasus cacat lahir atau adanya gangguan kesehatan pada janin yang disebabkan karena penggunaan obat ini.

Keputihan pada Ibu Hamil tidak terlalu berbahaya terhadap kondisi kehamilan, namun bisa menyebabkan rasa tidak nyaman karena menyebabkan rasa gatal pada organ genital wanita. Obat pil antijamur tidak dianjurkan karena berbahaya bagi janin, sehingga untuk Pengobatan Keputihan pada Ibu Hamil bisa menggunakan obat krim dosis rendah untuk dioleskan pada organ intim.

Flu saat Hamil tentu merupakan hal yang sangat mungkin terjadi, hal ini karena kekebalan tubuh saat hamil tidak sekuat saat sebelum kehamilan. Untuk gangguan flu berat, obat antivirusoseltamivir (tamiflu) tergolong aman untuk mengurangi gejala dan durasi sakit pada Ibu Hamil.

Obat yang aman untuk penyakit kronik, seperti asma, diabetes, atau hipertensi sebaiknya harus dikonsumsi dengan anjuran dokter. Hal ini tentu untuk mengurangi resiko efek berbahaya untuk janin di dalam kandungan. Pada umumnya pengobatan boleh dilanjutkan, namun dalam dosis paling rendah. Tujuannya adalah membuat penyakit tetap terkontrol, karena risikonya bisa lebih besar bagi janin.

Ringkasan:
  • Obat yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil bisa diketahui dengan membaca indikasi pada kemasan, apabila tidak boleh untuk ibu hamil maka sebaiknya tidak dikonsumsi,
  • Gangguan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil seperti, nyeri, Sembelit, Gangguan pencernaan, Infeksi, Keputihan dan Flu,
  • Apabila ada keraguan dalam mengkonsumsi obat, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk mendapatkan obat yang benar-benar aman untuk ibu hamil.

Post a Comment for "Obat yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil"