Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Aktivitas Sepele yang Tidak Boleh dilakukan Ibu Hamil

Larangan Ibu Hamil
Ibu Hamil harus mengetahui beberapa aktivitas yang bisa MEMBAHAYAKAN Kesehatan Ibu Hamil dan janin yang di dalam kandungan. Bahkan beberapa aktivitas di anggap sepele bahkan dianggap bermanfaat terhadap kesehatan Ibu Hamil. Beberapa aktifivas pantangan ini tidak hanya dilakukan saat usia kehamilan muda, namun dilakukan selama kehamilan.

Pantangan Ibu Hamil sangat banyak, mulai dari beraktivitas, mengkonsumsi makanan dan minuman hingga yang wajib dihindari. Namun pada kesempatan ini Tips Kesehatan Bunda akan mejelaskan beberapa Hal Sepele yang Tidak Boleh dilakukan Ibu Hamil, namun hal ini bisa sangat mengganggu kehamilan, yang diantaranya adalah:
  • Ibu Hamil dilarang Memakai baju ketat, karena akan mengganggu perkembangan janin. Bagi Bunda yang ingin tetap modis saat hamil, sebaiknya memilih baju yang memiliki karet dibagian perut. Hal ini dilakukan demi kesehatan Ibu Hamil dan janin di dalam kandungan.
  • Memakai Obat Anti Nyamuk di dalam ruangan, dikarenakan, obat anti nyamuk mengandung bahan kimia aktif dan termasuk dalam golongan pestisida, yang bisa memicu terjadinya kerusakan saraf. Bahkan obat nyamuk yang disemprot mengandung minyak tanah yang bisa memicu terjadinya kerusakan ginjal janin di dalam kandungan. Sedangkan untuk obat nyamuk dalam bentuk lotion yang dioles pada kulit mengandung korosif yang bisa meresap ke dalam kulit dan menjadi racun dalam tubuh. Untuk menghindari gigitan nyamuk, ibu hamil sebaiknya memanfaatkan kelambu di tempat tidur atau memasang kasa di setiap ventilasi rumah. Atau, ibu hami bisa menggunakan minyak kayu putih untuk menghindari gigitan nyamuk.
  • Membersihkan Kotoran Kucing juga sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil, karena kotoran kucing merupakan habitat parasit yang berbahaya untuk kehamilan. Infeksi parasit bisa menyebabkan gejala yang mungkin awalnya tidak disadari dan dirasakan oleh ibu. Namun, kemungkinan ibu hamil dapat mengalami keguguran atau bayi lahir dalam keadaan meninggal. Atau, apabila bayi bisa lahir selamat, infeksi parasit akan membuat bayi kejang atau mengalami penyakit kejiwaan.
  • Berendam Dalam Air Panas atau Sauna dilarang untuk ibu hamil karena berdasarkan penelitian, risiko keguguran akan meningkat menjadi dua kali lipat apabila ibu hamil berendam dalam air panas atau melakukan sauna pada usia kehamilan trimester pertama.
  • Ibu Hamil dilarang  Melakukan Perawatan Rambut Kimiawi, seperti melakukan rebonding, mengkriting rambut atau merubah warna rambut dengan menggunakan cat rambut. Hal ini dikarenakan, bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan kimiawi tersebut bisa masuk ke dalam pori-pori kulit kepala, kemudian masuk ke dalam aliran darah ibu hamil sehingga meningkatkan risiko janin lahir dengan kondisi cacat. Larangan ini termasuk penggunaan Cream hair removers mengandung bahan kimia yang mudah diserap oleh kulit.
  • Ibu hamil tidak boleh melakukan perawatan Kulit seperti penggunaan Lotion dan pembersih kulit yang mengndung asam salisilat. Hal ini dikarenakan apabila digunakan dalam dosis yang tinggi bisa memicu cacat janin. Selain lotion, produk perawatan kulit lainya seperti Tabir surya yang mengandung avobenzone dan oksibenzon,  Produk pemutih kulit yang mengandung hydroquinone, dan produk perawatan kulit lain yang mengandung parabens.
  • Ibu Hamil tidak boleh menggunakan Obat Jerawat yang mengandung Retinol A yang biasanya berfungsi untuk mengelupaskan kulit yang sudah mati. Ibu Hamil juga harus menghindari obat jerawat yang mengandung Benzoil Peroksida, Hidrokortison, Accutane, Salicylic Acid karena bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan ibu hamil dan janin bahkan cacat janin.
  • Menikur Pedikur tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil karena, pada cat kuku tertentu terkandung phathalates, yang merupakan bahan kimia yang bisa menyebabkan permasalahan pada sistem reproduksi.    Basecoat, top coat dan aseton merupakan bahan cat kuku yang apabila terhirup akan mempengaruhi kehamilan. Hal ini diungkap berdasarkan penelitian yang menemukan bahwa banyak terjadi gangguan kesehatan Ibu Hamil termasuk bayi lahir cacat atau meninggal, dialami oleh para pekerja salon yang bekerja ketika mereka sedang hamil.
Ringkasan:
  • Ibu Hamil harus mengetahui beberapa akfitas sepele namun berbahaya terhadap kondisi kehamilan dan janin didalam kandungan,
  • Pantangan ibu hamil bisa meliputi aktivitas, perawatan tubuh, konsumsi makanan dan minuman,
  • Aktivitas yang sebaiknya dihindari ibu hamil seperti Memakai baju ketat, Obat Anti Nyamuk , Membersihkan Kotoran Kucing, Berendam Dalam Air Panas atau Sauna, menggunakan Perawatan Rambut, Kulit, Obat Jerawat dan Menikur Pedikur Kimiawi

Post a Comment for "8 Aktivitas Sepele yang Tidak Boleh dilakukan Ibu Hamil"