Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

USG 4 Dimensi untuk Ibu Hamil

Alat USG 4D
Banyak alat pemeriksaan yang canggih untuk bisa mengetahui tentang isi tubuh manusia, dan salah satunya adalah USG atau ultrasonografi. USG menggunakan gelombang suara, dan lebih banyak di gunakan oleh dokter kandungan untuk memeriksa kehamilan, usia kehamilan, posisi janin, sehingga diketahui kesehatan janin di dalam kandungan.

Ibu Hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan rutin cukup dengan pemeriksaan USG 2 dimensi. Dengan pemeriksaan kehamilan menggunakan USG, dokter kandungan akan menghitung kantung kehamilan, mengukur bakal calon janin (dilakukan pada kehamilan muda), lingkar kepala janin, lingkar perut janin, melihat air ketuban, panjang tulang paha, melihat posisi janin, melihat posisi dan keadaan plasenta, menghitung detak jantung janin, melihat kelamin, dan melihat apabila ada kelainan-kelainan yang lain.

USG 4 Dimensi

Pemeriksaan menggunakan alat USG 4 Dimensi atau USG 4D tidak wajib, karena tidak semua dokter dan rumah sakit memiliki alat dan kemampuan untuk melakukan USG 4D. Adapun prinsip kerja alat USG 4D sebenarnya sama seperti USG 2D maupun 3D, hanya gambar yang dihasilkan saja yang berbeda.

Ibu hamil melakukan USG 4D karena ingin melihat wajah dari janin yang dikandungnya. Rasa penasaran ini membuat banyak ibu hamil yang melakukan USG 4D. selain itu USG 4D sebenarnya digunakan oleh dokter kandungan untuk melihat ada atau tidaknya kelainan-kelainan yang mungkin terjadi pada janin di dalam kandungan seperti bibir sumbing, gastrochisis, omphalocele, atau kelainan-kelainan lainnya.

Yang harus diperhatikan saat USG 4D


Usia Kehamilan yang ideal untuk melakukan USG 4D adalah 26 minggu hingga 34 minggu. Hal dilakukan apabila Bunda ingin melihat wajah janin dalam kandungan. Apabila dilakukan sebelum usia 26 minggu maka bentuk kontur wajah janin akan kurang terlihat bagus, dan apabila dilakukan setelah usia kehamilan 34 minggu maka wajah janin akan sulit terlihat karena rahim sudah semakin dan wajah janin akan sangat mungkin tertutup oleh organ tubuh yang lain.

Pemeriksaan USG 4D memerlukan waktu 30 sampai 45 menit karena dokter akan melakukan pengukuran biometri janin terlebih dahulu menggunakan USG 2D sebelum menggunakan USG 4D.  Pemeriksaan USG 4D tidak selalu berhasil untuk bisa melihat wajah janin, karena kadang kala wajah janin akan tertutup oleh tangan ataupun kaki, atau bahkan posisi wajah janin di dalam kandungan menghadap ke belakang atau ke arah punggung Bunda sehingga gambar hasil USG 4D tidak dapat dilihat dengan baik.

Biaya Pemeriksaan USG 4 Dimensi tentu lebih mahal dibandingkan USG 2 Dimensi, namun rata-rata biaya USG 4D oleh dokter kandungan berkisar antara 300 ribu sampai 750 ribu rupiah. Biaya ini belum termasuk biaya konsultasi dokter kandungan dan biaya obat atau vitamin untuk Ibu hamil. Hasil pemeriksaan bisa di simpan dalam bentuk CD dan diprint berwarna atau hitam putih. Mintalah hasil USG 4 Dimensi tersebut untuk dokumentasi pribadi, karena tidak semua dokter kandungan menyimpan dokumentasi hasil USG saat itu.

Ringkasan:
  • Pemeriksaan Rutin Ibu Hamil cukup menggunakan USG 2 Dimensi,
  • Alat USG 4 Dimensi bisa mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih jelas,
  • Usia Kehamilan yang disarankan untuk ISG 4 Dimensi adalah adalah 26 minggu hingga 34 minggu,
  • Biaya USG 4 Dimensi sekitar 300 – 700 ribu belum termasuk biasa konsultasi doketer kandungan dan vitamin kehamilan.

Post a Comment for "USG 4 Dimensi untuk Ibu Hamil"