Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gangguan Lidah dan Bibir Bayi Menyebabkan Sulit Menyusui

Menyusui buah hati tidak selalu semudah yang dibayangkan. Karena beberapa masalah sering dihadapi bunda ketika ingin memberikan ASI kepada bayi. Salah satu masalah yang cukup sulit adalah tounge tie (adanya selaput atau frenum di bawah lidah yang mengganggu pergerakan lidah) dan lip tie (selaput terdapat di bawah bibir rahang atas maupun di atas bibir rahang bawah yang mengganggu pergerakan bibir) pada bayi.

Buah hati bisa mengalami salah satu masalah tersebut diatas, atau keduanya, yaitu memiliki tongue tie dan lip tie. Bayi yang mengalami tongue tie, akan membuat lidah tidak leluasa bergerak atau seperti terikat. Atau dengna kata lain lidah bayi sulit terangkat sehingga tidak sampai menyentuh langit-langit mulut, tidak bisa menjulur hingga melewati gusi, atau hanya terangkat bagian tepi lidah karena adanya selaput di bawah lidah bayi tersbut.

Gangguan lidah pada bayi ini akan membuat sulit menyusui, perlekatannya ke p*yudara tidak baik, sehingga saat menyusui rasanya enggak kenyang-kenyang. Selain membuat buah hati tidak nyaman saat menyusui, kondisi ini juga meningkatkan resiko puting lecet pada ibu menyusui.

Bayi yang memiliki lip tie bisa mengalami masalah saat pelekatan ke p*yudara ibu, karena hanya menghisap di bagian puting, tidak seluruh areola. Hal itu karena adanya selaput yang mengganggu pergerakan bibir tadi. Kondisi ini akan menyebabkan puting lecet dan juga berbentuk seperti lipstik seusai menyusui.

Bayi dengan tongue tie maupun lip tie berisiko mengalami gangguan pertumbuhan bayi apabila tidak segera ditangani. Masalah ini pula yang sering membuat Bunda menyerah dan akhirnya memberikan susu formula kepada bayi. Kondisi ini juga membuat ibu yang sangat ingin menyusui bayinya merasa frustasi sehingga menyebabkan gangguan emosional.

Seiring bertambahnya usia, tounge tie dan lip tie bisa membuat anak terlambat bicara sehingga berisiko masalah pada tulang belakang. Tongue tie dan lip tie pada bayi bisa diatasi dengan frenotomi. Frenotomi adalah pengguntingan dan relokasi menempelnya frenum atau selaput tali lidah.

Dengan cara ini pergerakan lidah dan bibir bayi akan lebih leluasa. Frenotomi bisa dilakukan oleh tenaga kesehatan yang terlatih dan merupakan tindakan yang sangat aman bagi bayi buah hati.

Ringkasan:
  • Tounge tie adalah kondisi dimana ada selaput atau frenum di bawah lidah yang mengganggu pergerakan lidah pada bayi,
  • Lip tie adalah kondisi adanya selaput di bawah bibir rahang atas maupun di atas bibir rahang bawah yang mengganggu pergerakan bibir pada bayi,
  • Tounge tie dan Lip tie yang mengganggu saat menyusui bisa diatasi dengan Frenotomi atau pengguntingan dan relokasi yang sangat aman untuk bayi.

Post a Comment for "Gangguan Lidah dan Bibir Bayi Menyebabkan Sulit Menyusui"